Minggu, 12 Juni 2016

MAKALAH SUSU JAGUNG

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Tanaman jagung merupakan salah satu bahan makanan pokok yang memiliki kedudukan penting setelah beras bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, jagung juga merupakan sumber bahan baku bagi sektor industri termasuk industri pangan. Salah satu jenis jagung yang banyak dimanfaatkan adalah jagung manis atau dalam bahasa latinnya Zea mays sacc). Tanaman jagung manis berumur pendek, mudah ditanam dan dipelihara, cepat panen, buahnya enak dimakan tetapi tidak tahan lama.
Susu jagung diperoleh dengan cara penggillingan biji jagung yang telah direbus dalam air. Hasil penggilingan disaring untuk memperoleh filtrat yang kemudian dipasteurisasi dan diberi flavor untuk meningkatkan rasanya. Kandungan ekstrak karbohidrat dalam susu jagung dipengaruhi oleh varietas jagung, jumlah air yang ditambahkan, jangka waktu dan kondisi penyimpanan, kehalusan gilingan, dan perlakuan panas. Kelebihan susu jagung dibandingkan dengan susu sapi atau kedelai adalah bahan bakunya mudah didapat dengan harga tidak terlalu tinggi. Jagung tidak mengandung lactate intolerance (yang membuat susu bau amis). Susu jagung mengandung serat lebih banyak, cocok buat mereka yang diet.
Komposisi nilai gizi jagung
Kriteria gizi
Satuan
Jumlah
β-karotin
mg/100 g
0.76
Asam Jenuh
1,61
Asam lemak tidak jenuh
5,05
Protein
9,01
Amilosa
34,55
Amilopektin
65,45
Lisin
0,2
Triptofan
0,04


 Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endospermium. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin.
Manfaat jagung yang ditawarkan untuk kesehatan kita tidak lain dikarenakan adanya kualitas nutrisi di dalamnya. Disamping kaya phytochemical juga memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit kronis. Berikut ini beberapa manfaat jagung bagi kesehatan kita. Sumber yang Kaya Kalorin, Pencegahan Kanker Usus dan Wasir, Sumber yang Kaya Vitamin, Mengandung Mineral yang Diperlukan, Sifat antioksidan Jagung, Melindungi Jantung, Mencegah Anemia, Menurunkan Kolesterol Jahat, Perlindungan terhadap Diabetes dan Hipertensi.


B. Rumusan Masalah
Bagaimana pengolahan dan pemasaran susu jagung di pasar agroindustri?
C. Tujuan
            Mengetahui pengolahan dan pemasaran Susu Jagung di pasar agroindustri.






BAB II
ISI
                Segmen pasar yang dibidik untuk sementara waktu tiga tahun kedepan adalahpasar lokal kota Semarang. Dengan asumsi konsumen 1250 orang perbulan,maka jumlah produk yang harus dihasilkan adalah kurang lebih 1375 botol, yaitu jumlah target dan 10% untuk stok.
Segmentasi pasar konsumen dan pasar bisnis terbagi atas 4 bagian yaitu :
a.               Segmentasi Geografis kami berambisi untuk menguasai segmen pasar nasional, dengan kemasan yangbaik sehingga produk tahan lama.
b.              Segmentasi Demografis Produk susu jagung manis dapat dinikmati oleh semua kalangan, baik tua maupun muda (mulai 5-70 thn), laki-laki atau perempuan, miskin atau kaya, kecuali bayi dibawah 1 tahun . Karena produk kami jual dengan harga yang murah dengan berbagai kebaikanya.
c.               Segmentasi Perilaku Pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, dan tanggapan mereka terhadap produk Susu Jagung ini.
d.             Segmentasi Atribut Ganda (Geoclustering) Pemasar tidak lagi membicarakan konsumen rata-rata, atau membatasi analisis mereka hanya pada beberapa segmen pasar. Sebaliknya, perusahaan tertentu sering menggabungkan beberapa variabel dalam usaha mengidentifikasi kelompok sasaran yang lebih kecil dan yang didefinisikan dengan lebih baik.
 Target produk :
 Produk yang akan dihasilkan adalah “SUSU JAGUNG” dalam kemasan botol 300ml. kualitas produk yang akan dihasilkan adalah susu jagung dengan bahan gula murni tanpa mempergunakan bahan pengawet maupun pewarna. Sesuai dengan kapasitas peralatan produksi, produk yang dapat dihasilkan adalah 15.000 botol pertahun. Namun sesuai dengan jumlah konsumen yang ditargetkan, produksiyang akan dihasilkan adalah 50 botol perhari atau 1250 perbulan (25 harikerja/bulan).
Target konsumen :
            Konsumen yang ditargetkan adalah orang-orang yang suka dengan minuman kesehatan mulai dari usia remaja sampai dewasa. Dan bagi orang yang memiliki kesibukan 


Di lihat dari kriteria segmentasi pasar antara lain :
  Terukur (Measurable) segmen pasar tesebut dapat diukur, baik besarnya, maupun luasnya serta daya beli segmen pasar terhadap susu pasar.
  Terjangkau (Accessible) segmen pasar tersebut dapat dicapai sehingga produk susu jagung dapat dilayani secara efektif.
  Cukup Luas (Substantial),segmen pasar dalam pemasaran susu jagung ini termasuk luas.karena,mancakup dari anak-anak,remaja,orang dewasa,hingga orang tua.produk ini juga masih jangkau karena harganya ekonomi di pasaran.
  Dapat dilaksanakan (Actionable),maksudnya dalam produk susu jagung di sini dapat di promosikan dengan cara media cetak,media online, dll. 

RENCANA PEMASARAN
Segmentasi pasar, target pasar, dan posisioning. Segmentasi pasar yang kami tujukan adalah semua kalangan karena produk kami harganya terjangkau di semua kalangan.
Pelaksanaan distribusi
Dilakukan pada pagi hari ke semua stan, swalayan, mall, kantin - kantin dengan motor dan outlet - outlet lainnya. 
Promosi yang dilakukan
Dengan brosur dan banner serta melalui nedia internet dan sms
 Pengembangan produk
Banyak pengembangan produk yang ingin kami lakukan seperti penggunaan kemasan plastik yang lebih praktis, penambahan varian rasa, serta pembuatan produk olahan baru, tetapi untuk saat ini kami fokus kepada produk susu jagung manis yang ada supaya di kenal konsumen terlebih dahulu.

Tujuan Pasar
Susu jagung dapat dipasarkan di swalayan, hotel, ataupun sekolah-sekolah. Untuk tujuan pasar pelajar/siswa kemasan cukup dengan cup plastik, tetapi kalau tujuan pasar hotel ataupun swalayan kemasan tentu harus lebih bagus dengan label yang menarik sehingga konsumen yakin untuk membelinya.

BAB III
PENUTUP


3.1. KESIMPULAN
Jagung termasuk salah satu makanan pokok yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi dan dapat diolah menjadi Susu Jagung dalam bentuk bubuk sehingga dapat tahan lebih lama. Susu Jagung belum banyak dikenal masyarakat, maka dari itu kami merencanakan strategi pemasarannya, baik dari segi segmentasi geografis, demografis, perilaku pembeli, maupun dari segi atribut ganda. Susu jagung dapat dipasarkan di swalayan, hotel, ataupun sekolah-sekolah. Untuk tujuan pasar pelajar / siswa kemasan cukup dengan cup plastik, tetapi kalau tujuan pasar hotel ataupun swalayan kemasan tentu harus lebih bagus dengan label yang menarik sehingga konsumen yakin untuk membelinya.

3.2. SARAN
                Susu jagung belum banyak dikenal oleh masyarakat, maka dari itu dalam mempromosikannya di pasaran di butuhkan strategi yang tepat dan efisien, baik dari menentukan segmentasi pasarnya, menetapkan pasar sasaran yang akan di tuju, strategi position produk, maupun strategi pemasarannya. Untuk strategi pemasaran di lihat dari strategi positioning produknya yaitu :  atribut produk, manfaat, kualitas, harga, konsumen, pesaing, kategori produk.














                    Daftar Pustaka   

diakses pada tanggal 14 April 2015 pukul 16.00






Sumber: TugasKuliahku (STIP-F)


Tidak ada komentar: