BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Tanaman jagung merupakan salah satu bahan
makanan pokok yang memiliki kedudukan penting setelah beras bagi masyarakat
Indonesia. Selain itu, jagung juga merupakan sumber bahan baku bagi sektor
industri termasuk industri pangan. Salah satu jenis jagung yang banyak
dimanfaatkan adalah jagung manis atau dalam bahasa latinnya Zea mays sacc).
Tanaman jagung manis berumur pendek, mudah ditanam dan dipelihara, cepat panen,
buahnya enak dimakan tetapi tidak tahan lama.
Susu jagung diperoleh dengan cara penggillingan biji jagung
yang telah direbus dalam air. Hasil penggilingan disaring untuk memperoleh
filtrat yang kemudian dipasteurisasi dan diberi flavor untuk meningkatkan
rasanya. Kandungan ekstrak karbohidrat dalam susu jagung dipengaruhi oleh varietas
jagung, jumlah air yang ditambahkan, jangka waktu dan kondisi penyimpanan,
kehalusan gilingan, dan perlakuan panas. Kelebihan susu jagung dibandingkan
dengan susu sapi atau kedelai adalah bahan bakunya mudah didapat dengan harga
tidak terlalu tinggi. Jagung tidak mengandung lactate intolerance (yang membuat
susu bau amis). Susu jagung mengandung serat lebih banyak, cocok buat mereka
yang diet.
Komposisi nilai gizi jagung
Kriteria gizi
|
Satuan
|
Jumlah
|
β-karotin
|
mg/100 g
|
0.76
|
Asam
Jenuh
|
“
|
1,61
|
Asam
lemak tidak jenuh
|
“
|
5,05
|
Protein
|
“
|
9,01
|
Amilosa
|
“
|
34,55
|
Amilopektin
|
“
|
65,45
|
Lisin
|
“
|
0,2
|
Triptofan
|
“
|
0,04
|
Biji jagung kaya akan
karbohidrat. Sebagian besar berada pada endospermium. Kandungan karbohidrat
dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk
pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin.
Manfaat jagung yang ditawarkan untuk kesehatan kita tidak
lain dikarenakan adanya kualitas nutrisi di dalamnya. Disamping kaya
phytochemical juga memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit kronis.
Berikut ini beberapa manfaat jagung bagi kesehatan kita. Sumber
yang Kaya Kalorin, Pencegahan
Kanker Usus dan Wasir, Sumber
yang Kaya Vitamin, Mengandung
Mineral yang Diperlukan, Sifat
antioksidan Jagung, Melindungi
Jantung, Mencegah
Anemia, Menurunkan
Kolesterol Jahat, Perlindungan
terhadap Diabetes dan Hipertensi.
B. Rumusan Masalah
Bagaimana
pengolahan dan pemasaran susu jagung di pasar agroindustri?
C. Tujuan
Mengetahui pengolahan dan pemasaran Susu Jagung di pasar
agroindustri.
BAB II
ISI
Segmen pasar yang dibidik untuk sementara waktu tiga
tahun kedepan adalahpasar lokal kota Semarang.
Dengan asumsi konsumen 1250 orang perbulan,maka jumlah produk yang harus dihasilkan adalah kurang lebih 1375 botol,
yaitu jumlah target
dan 10% untuk stok.
Segmentasi pasar konsumen dan pasar bisnis terbagi atas 4 bagian yaitu :
a.
Segmentasi Geografis
kami berambisi
untuk menguasai segmen pasar nasional, dengan kemasan yangbaik sehingga produk
tahan lama.
b.
Segmentasi Demografis
Produk susu jagung
manis dapat dinikmati oleh semua kalangan, baik tua maupun
muda (mulai 5-70 thn), laki-laki atau perempuan, miskin atau kaya, kecuali bayi dibawah 1 tahun . Karena produk kami
jual dengan harga yang murah dengan berbagai kebaikanya.
c.
Segmentasi Perilaku
Pembeli dibagi
menjadi kelompok-kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, dan tanggapan mereka
terhadap produk Susu Jagung ini.
d.
Segmentasi Atribut
Ganda (Geoclustering) Pemasar tidak lagi membicarakan konsumen rata-rata, atau
membatasi analisis mereka hanya pada beberapa segmen pasar. Sebaliknya,
perusahaan tertentu sering menggabungkan beberapa variabel dalam usaha
mengidentifikasi kelompok sasaran yang lebih kecil dan yang didefinisikan
dengan lebih baik.
Target produk :
Produk yang akan dihasilkan adalah “SUSU JAGUNG”
dalam kemasan botol 300ml. kualitas produk yang akan dihasilkan adalah susu
jagung dengan bahan gula murni tanpa mempergunakan bahan pengawet maupun
pewarna. Sesuai dengan kapasitas peralatan produksi, produk yang dapat
dihasilkan adalah 15.000 botol pertahun. Namun sesuai dengan jumlah konsumen
yang ditargetkan, produksiyang akan dihasilkan adalah 50 botol perhari atau
1250 perbulan (25 harikerja/bulan).
Target
konsumen :
Konsumen yang
ditargetkan adalah orang-orang yang suka dengan minuman kesehatan mulai dari
usia remaja sampai dewasa. Dan bagi orang yang memiliki kesibukan
Di
lihat dari kriteria segmentasi pasar antara lain :
Terukur (Measurable)
segmen pasar tesebut dapat diukur, baik besarnya, maupun luasnya serta daya
beli segmen pasar
terhadap susu pasar.
Terjangkau (Accessible)
segmen pasar tersebut dapat dicapai sehingga produk susu jagung dapat dilayani secara efektif.
Cukup Luas (Substantial),segmen
pasar dalam pemasaran susu jagung ini termasuk luas.karena,mancakup dari
anak-anak,remaja,orang dewasa,hingga orang tua.produk ini juga masih jangkau
karena harganya ekonomi di pasaran.
Dapat
dilaksanakan (Actionable),maksudnya dalam produk susu jagung di sini dapat di
promosikan dengan cara media cetak,media online, dll.
RENCANA PEMASARAN
Segmentasi pasar, target pasar, dan posisioning. Segmentasi
pasar yang kami tujukan adalah semua kalangan karena produk kami harganya
terjangkau di semua kalangan.
Pelaksanaan distribusi
Dilakukan pada pagi hari ke semua stan, swalayan, mall,
kantin - kantin dengan motor dan outlet - outlet lainnya.
Promosi yang dilakukan
Dengan brosur dan banner serta melalui nedia internet dan
sms
Pengembangan
produk
Banyak pengembangan produk yang ingin kami lakukan
seperti penggunaan kemasan plastik yang lebih praktis, penambahan varian rasa,
serta pembuatan produk olahan
baru, tetapi untuk saat ini kami fokus kepada produk susu jagung manis yang ada
supaya di kenal konsumen terlebih dahulu.
Tujuan Pasar
Susu
jagung dapat dipasarkan di swalayan, hotel, ataupun sekolah-sekolah. Untuk
tujuan pasar pelajar/siswa kemasan cukup dengan cup plastik, tetapi kalau
tujuan pasar hotel ataupun swalayan kemasan tentu harus lebih bagus dengan
label yang menarik sehingga konsumen yakin untuk membelinya.
BAB III
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Jagung termasuk salah satu makanan pokok yang mengandung
karbohidrat yang cukup tinggi dan dapat diolah menjadi Susu Jagung dalam bentuk
bubuk sehingga dapat tahan lebih lama. Susu Jagung belum banyak dikenal
masyarakat, maka dari itu kami merencanakan strategi pemasarannya, baik dari
segi segmentasi geografis, demografis, perilaku pembeli, maupun dari segi
atribut ganda. Susu
jagung dapat dipasarkan di swalayan, hotel, ataupun sekolah-sekolah. Untuk
tujuan pasar pelajar / siswa kemasan cukup dengan cup plastik, tetapi kalau
tujuan pasar hotel ataupun swalayan kemasan tentu harus lebih bagus dengan
label yang menarik sehingga konsumen yakin untuk membelinya.
3.2. SARAN
Susu
jagung belum banyak dikenal oleh masyarakat, maka dari itu dalam
mempromosikannya di pasaran di butuhkan strategi yang tepat dan efisien, baik
dari menentukan segmentasi pasarnya, menetapkan pasar sasaran yang akan di
tuju, strategi position produk, maupun strategi pemasarannya. Untuk strategi
pemasaran di lihat dari strategi positioning produknya yaitu : atribut produk, manfaat, kualitas, harga,
konsumen, pesaing, kategori produk.
Daftar Pustaka
diakses pada tanggal 14
April 2015 pukul 16.00
Sumber: TugasKuliahku (STIP-F)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar