Selasa, 11 Juli 2023

CONTOH SOAL TRY OUT UJIKOM JENJANG PERTAMA

 

 

CONTOH SOAL TRY OUT 

JENJANG PERTAMA

 

 

1.    Ayam KUB singkatan dari...

a.    Ayam Kampung Unggul Balitbangtan

b.    Ayam Kelompok Usaha Bersama

c.    Ayam Kampung Usaha Bersama

d.    Ayam Kelompok Untuk Bekerja

e.    Ayam Kampung Untuk Berdua

 

2.    Makna prinsip obyektif pada pelaksanaan evaluasi

a.    evaluasi dilaksanakan berdasarkan fakta

b.    Evaluasi sesuai keinginan penyuluh

c.    Evaluasi sesuai keinginan petani

d.    Evaluasi sesuai kemampuan petani

e.    Evaluasi sesuai dengan keinginan pemimpin daerah

 

3.    Dalam melakukan evaluasi melibatkan sejumlah petani menjadi sumber informasi yang disebut sebagai

a.    Responden

b.    Narasumber

c.    Enumerator

d.    Pengumpul data

e.    Data skunder

 

4.    Syarat instrumen evaluasi fasilitasi peningkatan produktivitas usahatani yang baik adalah harus valid, maknanya…

a.    Memiliki tingkat kebenaran dan ketepatan interpretasi hasil evaluasi

b.    Mudah diisi oleh responden

c.    Mampu mengukur respon secara konsisten

d.    Mendapat respon dari enumerator

e.    Sederhana dan mudah digunakan

 

5.    Evaluasi penyuluhan pertanian pada saat pelaksanaan kegiatan penyuluhan disebut…

a.    Awal (pre evaluaton)

b.    Proses (on-going evaluation)

c.    Akhir (post/terminal evaluation)

d.    Dampak (ex-post evaluation)

e.    Analisis hasil evaluasi kinerja penyuluh pertanian


 

6.    Manfaat melakukan evaluasi penyuluhan

a.    Mengumpulkan angka kredit

b.    Untuk mencari bukti apakah perubahan yang terjadi sesuai tujuan dan sasaran yang diinginkan

c.    Meningkatkan skala usaha

d.    Membuktikan kinerja penyuluh

e.    Menjadi dasar memperoleh bantuan

 

7.    Persyaratan alat ukur untuk evaluasi penyuluhan pertanian adalah

a.    Dapat dilihat

b.    Objektif dan dapat dipercaya

c.    Dapat terjangkau

d.    Dapat diubah

e.    Dapat digunakan

 

8.    Evaluasi untuk mengukur perilaku sasaran menyangkut perubahan PSK yaitu…

a.    Pengetahuan, sikap dan keterampilan

b.    Pengetahuan, sikap dan kinerja

c.    Pengetahuan, sifat dan keterampilan

d.    Pengalaman, sifat dan keterampilan

e.    Pengetahuan, sikap dan keahlian

 

9.    Penggunaan instrumen evaluasi yang sudah tersedia, harus disesuaikan dengan

a.    Tujuan evaluasi yang ingin dicapai

b.    Teori yang diperoleh

c.    Kepentingan atasan

d.    Pesanan pimpinan

e.    Kondisi anggaran

 

10. Evaluasi Penyuluhan Pertanian adalah proses…

a.    Alur cerita penyuluhan

b.    Proses Pengumpulan data dan informasi penyuluhan

c.    Tujuan Penyuluhan

d.    Target Penyuluhan

e.    Sasaran Penyuluhan


11. Demonstrasi Plot (Demplot) merupakan metode demonstrasi yang dilaksanakan dengan luas hamparan…

a. 0,1 - 1 Ha

b. 1 - 5 Ha

c. 5 - 25 Ha

d. 25 - 50 Ha

e. 50 - 100 Ha

 

12. Dampak positif dari musuh alami adalah...

a.    Populasi hama menjadi lebih banyak

b.    Petani menjadi sejahtera

c.    Hama pada tanaman berkurang

d.    Merusak lingkungan ekosistem

e.    Mempertahankan produksi tinggi

 

13. Rencana Kerja Tahunan Penyuluh (RKTP) dibuat...

a.    Setelah selesai penyusunan programa penyuluhan pertanian

b.    Sebelum programa penyuluhan pertanian

c.    Setelah identifikasi potensi wilayah

d.    Sebelum identifikasi potensi wilayah

e.    Setelah programa penyuluhan pertanian

 

14. Cara yang tepat dalam melestarikan musuh alami ...

a.    Menggunakan pestisida kimia

b.    Menanam tanaman Refugia

c.    Menggunakan bahan Insektisida

d.    Menggunakan bahan Fungisida

e.    Menggunakan bahan Herbisida

 

15. Salah satu prinsip evaluasi harus valid, maknanya…

a.    Menggunakan alat ukur yang sesuai

b.    Subyektif

c.    Berdasarkan persepsi evaluator

d.    Berdasarkan perkiraan

e.    Bukan berdasarkan fakta


 

16. Tahap awal pelaksanaan evaluasi penyuluhan adalah

a.    Menyusun rencana evaluasi

b.    Mengumpulkan data

c.    Menganalisis data

d.    Mentabulasi data

e.    Menyusun laporan

 

17. Instrumen atau kuesioner evaluasi harus praktis, maknanya

a.    Mudah dan bersifat efektif untuk menganalisis

b.    Subyektif

c.    Rumit

d.    Jumlah pertanyaan banyak

e.    Pertanyaannya panjang

 

18. Saling mengenal, akrab dan saling percaya diantara sesama anggota pelaku utama adalah ciri dari...

a.    Kelompoktani

b.    KTNA

c.    Organisasi Profesi

d.    Asosiasi Komoditas

e.    Dewan Komoditas

 

19. Pupuk yang ramah lingkungan dan berasal dari bahan alami disebut sebagai

a.    Biofertilizer

b.    Pupuk adonan

c.    Pupuk Urea

d.    AB Mix

e.    Fertilizer nano

 

20. Salah satu metode penyuluhan pertanian cara memformulasikan pakan ternak dapat dilakukan dengan ...

a.    Temu lapang

b.    Temu teknis

c.    Demonstrasi cara

d.    Demmostrasi plot

e.    Demonstrasi hasil


21. Berdasarkan sumbernya, data dikelompokkan menjadi…

a.    Data primer dan data sekunder

b.    Data rata-rata

c.    Data interval

d.    Data ordinal

e.    Data nominal

 

22. Data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya dan bukan tambahan disebut

a.    Data primer

b.    Data pribadi

c.    Data desa

d.    Data kuarter

e.    data pribadi

 

23. Syarat instumen kajian yang baik adalah harus valid, maknanya:

a.    Memiliki tingkat kebenaran yang tinggi (dapat mengukur apa yang akan diukur)

b.    Mudah diisi oleh responden

c.    Mampu mengukur respon secara konsisten

d.    Menjawab kebutuhan kajian

e.    Sederhana dan mudah digunakan

 

24. Kelebihan pupuk organik adalah ...

a.    Mengandung unsur Nitrogen

b.    Mengandung unsur Kalium

c.    Mengandung unsur Kalsium

d.    Mengandung unsur makro dan mikro yang diperlukan tanaman

e.    Mengandung Hydrogen dan Kalium

 

25. Pupuk urea diberikan pada tanaman bertujuan ...

a.    Menambah unsur Phospat

b.    Menambah unsur Kalium

c.    Menambah unsur Nitrogen

d.    Menambah unsur Phospat, Kalium, dan Nitrogen

e.    Menambah unsur Kalium dan Phospat


26. Informasi    atau    data    untuk   kajian    yang    diambil    langsung   dari    sumber data/responden dan belum diolah disebut data ...

a.    Sekunder

b.    Primer

c.    data mentah

d.    data setengah diolah

e.    data sederhana

 

27. Data primer dapat dikumpulkan / diperoleh dari…

a.    Internet

b.    Wawancara langsung

c.    Buku, Textbook, Jurnal, Laporan

d.    Majalah

e.    Surat Kabar

 

28. Ketua pelaksana harian Kostratani adalah

a.    Bupati

b.    Sekretaris daerah

c.    Camat

d.    Pimpinan BPP atau Koordinator Penyuluh di BPP

e.    Mantri Tani

 

29. Cara pengumpulan data dengan cara menggunakaninstrumen disebut

a.    Peta Jalan

b.    Peta Dinding

c.    Wawancara, observasi

d.    Poster

e.    Menyadur kajian yang sudah dilaksanakan

 

30. Kepanjangan dari RDK

a.    Rencana dana kelompok

b.    Rencana definitif kelompok tani

c.    Rencana dukungan kelompok

d.    Rancangan definitif kelompok tani

e.    Rancangan dana kelompok


 

31. Kelembagaan penyuluhan yang ada di tingkat Desa/Kelurahan

a.    Gapoktan

b.    KWT

c.    Kelompok tani

d.    BPP

e.    Posluhdes

 

32. Penilaian kelas kemampuan kelompoktani bertujuan untuk

a.    Mengetahui pengurus kelompok

b.    Menyediakan bahan perumusan kebijakan dan strategi pemberdayaan petani

c.    Memudahkan memperoleh pinjaman

d.    Dasar memperoleh bantuan

e.    Mengganti pengurus kelompok

 

33. Kelas kemampuan kelompok paling rendah

a.    Pemula

b.    Lanjut

c.    Madya

d.    Pertama

e.    Utama

 

34. Pemupukan padi sawah biasanya dilakukan dengan cara ...

a.    Dicelupkan

b.    Dibenamkan

c.    Disebar atau di tabor

d.    Dicairkan

e.    Dicampur tanah sebelum disebar

 

35. Fungsi dari kelembagaan penyuluhan swadaya

a.    Membantu petani di sekitarnya untuk memperoleh bantuan

b.    mitra kelembagaan penyuluhan pertanian pemerintah untuk memperkuat fungsi penyuluhan pertanian

c.    Wadah aktualisasi petani maju

d.    Sarana berkumpul dan berinteraksinya para petani innovator

e.    Wakil petani biasa


36. BPP berfungsi sebagai

a.    Kantor pertanian di tingkat kabupaten

b.    Kantornya para penyuluh

c.    Tempat pertemuan para penyuluh, pelaku utama dan pelaku usaha

d.    Tempat memperoleh modal bagi petani

e.    Tempat dibagikannya bantuan

 

37. Peran Kostratani yang berkaitan dengan data yaitu ….

a.    Pusat data dan Informasi

b.    Pusat gerakan pembangunan pertanian

c.    Pusat pembelajaran

d.    Pusat konsultasi Agribisnis

e.    Pusat pengembangan jejaring kemitraan

 

38. Penggunaan alat dan mesin pertanian untuk peningkatan produksi merupakan upaya menuju

a.    Usaha keluarga

b.    Pengolahan hasil pertanian

c.    Pertanian Modern

d.    Pertanian terpadu

e.    Kemitraan usaha

 

39. Penetapan jadwal pertemuan rutin kelompoktani ditentukan oleh

a.    Ketua kelompoktani

b.    Beberapa anggota kelompoktani

c.    Kepala desa

d.    Penyuluh

e.    Hasil musyawarah anggota kelompoktani

 

40. Tujuan pertemuan rutin kelompoktani, adalah

a.    Silaturahim

b.    Lebih akrab

c.    Saling tukar informasi di bidang pertanian

d.    Menyampaikan informasi sepihak dari Penyuluh

e.    Menyampaikan keluhan petani


 

41. Posluhdes merupakan kelembagaan penyuluhan di desa/kelurahan yang bersifat

a.    Non Struktural

b.    Struktural

c.    Terbuka

d.    Kebersamaan

e.    Kemandirian

 

42. Posluhdes disahkan oleh…

a.    Ketua Gapoktan

b.    Camat

c.    Kepala BPP

d.    Penyuluh Pendamping

e.    Kepala Desa/Lurah

 

43. Balai Penyuluhan Pertanian dipimpin oleh

a.    Kepala UPTD

b.    Koordinator Penyuluh Pertanian

c.    Camat

d.    Kasie Penyuluhan

e.    Kepala Unit BPP

 

44. Penumbuhan Gapoktan ditujukan untuk

a.    Menggabungkan beberapa kelompok tani

b.    Memperoleh bantuan lebih mudah

c.    Mempermudah proses penyuluhan

d.    Memudahkan pembukuan

e.    Meningkatkan skala dan efisiensi usahatani

 

45. Pola tanam monokultur

a.    Pola tanam perkebunan

b.    Pola tanam pekarangan

c.    Pola tanam satu jenis tanaman

d.    Pola tanam kawasan hutan

e.    Pola tanam lebih dari satu jenis tanaman


 

46. Tanaman perkebunan berumur pendek/semusim

a.    Kapas, nilam dan tembakau

b.    Teh

c.    Kopi

d.    Kakao

e.    Kelapa sawit

 

47. Alsintan pengolah tanah

a.    Rice Transplanter

b.    Sabit

c.    Traktor

d.    Combine Harvester

e.    Power Thresser

 

48. Contoh bentuk Kelembagaan Ekonomi Petani

a.    Koperasi

b.    Gapoktan

c.    Poktan

d.    KWT

e.    Taruna Tani

 

49. Salah satu fungsi kelompok dalam pengembangan usaha adalah

a.    Wahana kerja sama

b.    Sebagai unit produksi

c.    Sebagai kelas belajar

d.    Sebagai anjang sana

e.    Sebagai wahana bermain

 

50. Pembaharuan dalam teknologi pertanian disebut

a.    Informasi penyuluhan

b.    Pesan penyuluhan

c.    Materi komunikasi

d.    Materi penyuluhan

e.    Inovasi Teknologi


51. Dalam melakukan evaluasi peningkatan kapasitas kelompoktani, dilakukan evaluasi usaha kelompok yang meliputi…

a.    Evaluasi perencanaan dan pelaksanaan usaha kelompoktani

b.    Evaluasi administrasi pembukuan

c.    Evaluasi struktur srganisasi

d.    Evaluasi aturan dan norma

e.    Evaluasi pertemuan rutin

 

52. Evaluasi kemampuan kelompoktani dalam mengembangkan kepemimpinan, dengan cara…

a.    Pengembangan kapasitas SDM dan pengkaderan pengurus kelompoktani

b.    Pengembangan usahatani kelompoktani

c.    Pemupukan modal kelompoktani

d.    Pelaksanaan unit sarana kelompoktani

e.    Pelayanan informasi kelompoktani

 

53. Kelas kemampuan kelompoktani, sebagai berikut…

a.    Pemula, lanjut, madya, utama

b.    Pemula, muda

c.    Muda, madya

d.    Muda, utama

e.    Lanjut, utama

 

54. Kelembagaan ekonomi petani yang telah berbadan hukum yaitu…

a.    Koperasi Tani

b.    Kelompok tani

c.    Gabungan kelompok tani

d.    P3A

e.    Kelompok Usaha Bersama

 

55. Hasil validasi penilaian kelas kemampuan kelompok tani,dilaporkan paling lambat pada minggu ke II bulan......

a.    kapan saja

b.    Desember

c.    Menunggu di minta

d.    Bila diperlukan

e.    Disaat musim tanam


 

56. Sebagai unit usaha pengolahan, gapoktan harus memiliki kemampuan…

a.    Menyusun rencana budidaya

b.    Menjalin kerjasama kemitraan usaha dengan pihak penyedia peralatan pertanian dan penyedia saprodi

c.    Menentukan komoditas yang akan dinam

d.    Menghitung kebutuhan pupuk

e.    menghitung kebutuhan benih

 

57. Sebagai unit usaha pemasaran, gapoktan harus memiliki kemampuan…

a.    Menentukan kebutuhan peralatan

b.    Mencari kemitraan dengan tengkulak

c.    Merencanakan   kebutuhan   pasar    berdasarkan    sumberdaya yang dimiliki gapoktan

d.    Mencari modal

e.    Menyusun kebutuhan benih

 

58. Gapoktan mempunyai fungsi sebagai penyedia sarana dan prasarana produksi antara lain gapoktan harus mampu melayani seluruh anggota untuk memenuhi kebutuhan…

a.    Sertifikat lahan usaha tani

b.    Pupuk dan benih unggul

c.    Kios penjualan

d.    Lumbung pangan

e.    Modal

 

59. Kemampuan kelompok tani dalam melaksanakan fungsinya sebagai kelas belajar ditunjukkan dengan…

a.    Adanya AD/ART

b.    Adanya iuran anggota

c.    Tingkat kehadiran anggota dalam pembelajaran

d.    Adanya uang kas

e.    Adanya mesin milik kelompok

 

60. KEP singkatan dari…

a.    Komite Ekonomi Pemerintah

b.    Koordinasi Ekonomi Petani

c.    Kelompok Ekonomi Petani

d.    Kemampuan Ekonomi Pemerintah

e.    Kelembagaan Ekonomi Petani


61. Kelas kemampuan kelompok paling tinggi…

a.    Pemula

b.    Lanjut

c.    Muda

d.    Madya

e.    Utama

 

62. Penyuluh Pertanian Swadaya adalah…

a.    Tenaga bantu penyuluhan yang direkrut Kementerian Pertanian

b.    Penyuluh yang berasal dari dunia usaha

c.    Tokoh masyarakat

d.    Tokoh agama

e.    Pelaku Utama yang mampu menjadi penyuluh

 

63. Salah satu prinsip penumbuhan Poktan adalah keswadayaan, maknanya…

a.    Memperhatikan aspirasi

b.    Memiliki keinginan bersama

c.    Memiliki kepentingan bersama

d.    Kekompakan

e.    Kemampuan menggali potensi setiap anggota    dalam penyediaan dana, saprodi

 

64. Unit pengelola Alsintan di Kelompoktani/Gapoktan

a.    Koperasi

b.    Bumdes

c.    LKM-A

d.    Saprodi

e.    UPJA

 

65. Dalam penyusunan RDK dan RDKK Penyuluh Pertanian berperan sebagai…

a.    Pendamping

b.    Penyusun

c.    Evaluator

d.    Motivator

e.    Kontributor


 

66. Fungsi dan peran Posluhdes

a.    Menyusun kebijakan pertanian kecamatan

b.    Memberikan pinjaman untuk ketua kelompok

c.    Memberikan bantuan benih

d.    Melakasanakan penyuluhan pertanian

e.    Memberikan bantuan pestisida

 

67. Berikut kelembagaan Pelatihan Petani yaitu…

a.    Gapoktan

b.    BUMP

c.    Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S)

d.    P3A

e.    UPJA

 

68. Materi dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), antara lain

a.    Jumlah pinjaman anggota

b.    Jumlah anggota Gapoktan

c.    Jumlah    kebutuhan   benih/bibit,   pupuk,    pestisida,    biaya    garapan    dan pemeliharaan, dan biaya alsintan

d.    Kebutuhan biaya anak sekolah

e.    Jadwal petugas air

 

69. Berikut prinsip pengembangan kawasan pertanian berbasis korporasi, adalah…

a.    Perbedaan

b.    Jenis usaha

c.    Luasan wilayah

d.    Keutuhan anggota

e.    Korporasi petani

 

70. Untuk    memperkuat    usahatani   dari    hulu   sampai    hilir    maka    diperlukan kemampuan…

a.    Kemampuan meminjam

b.    Kemampuan manajerial

c.    Kemampuan merekrut tenaga

d.    Membuat data kalender tanam

e.    Skim Kredit Perbankan


71. Berikut merupakan media penyuluhan tercetak…

a.    Penyebaran Brosur

b.    Demonstrasi cara

c.    Siaran televise

d.    Video

e.    Sound Slide

 

72. Brosur dan folder/leaflet dipergunakan untuk melakukan penyuluhan dengan sasaran…

a.    Kelompok tani dan individu petani

b.    Anak sekolah

c.    Pedagang pertanian

d.    Pemuda

e.    Nelayan dan petani hutan

 

73. Contoh media penyuluhan audio visual…

a.    Brosur

b.    Film/video tutorial

c.    Siaran radio

d.    MP3

e.    Sound Slide

 

74. Contoh media penyuluhan massal…

a.    Temu wicara

b.    Siaran radio

c.    Diskusi

d.    Pertemuan kelompok

e.    Anjangsana kelompok

 

75. Media siaran radio dan website dapat digunakan untuk melakukan penyuluhan secara…

a.    Individu, kelompok dan massal

b.    Langsung

c.    Tidak langsung

d.    Komunikasi dua arah

e.    Nelayan dan petani hutan


76. Media penyuluhan elektronik, yaitu..

a.    Siaran Radio, TV, internet, video, sound slide

b.    Spanduk/Baliho

c.    Seri foto

d.    Kartu kilat

e.    Brosur

 

77. Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam penyuluhan terus berkembang, salah satunya melalui media sosial atau termasuk media?

a.    Media cetak

b.    Media elektronik

c.    Media berbasis TIK

d.    Media massa

e.    Media benda nyata

 

78. Efektivitas penggunaan media penyuluhan sangat ditentukan oleh

a.    Keadaan sarana

b.    Keadaan anggaran yang tersedia

c.    Penyuluh

d.    Lokasi/wilayah

e.    Banyaknya indera penerima yang terlibat

 

79. Dalam merancang model penyuluhan dengan menggunakan media penyuluhan harus dikemas sedemikian rupa agar...

a.    Pesan/informasi yang disampaikan jelas

b.    Pesan jadi membingungkan

c.    Informasi sulit diterima

d.    pesan / informasi susah ditafsirkan

e.    Pesan/informasi sulit diingat

 

80. Penggunaan media penyuluhan dalam bentuk poster dengan tujuan agar sasaran dapat…

a.    Menumbuhkan perhatian dan minat sasaran

b.    Sekedar mencari kesibukan sasaran

c.    Sekedar menambah koleksi sasaran

d.    Sekedar mengisi waktu

e.    Sekedar iseng


81. Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dapat digunakan untuk mengakses informasi dari website…

a.    SmartPhone

b.    Radio

c.    Proyektor

d.    OHP

e.    Printer

 

82. Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dapat dimanfaatkan dalam penyuluhan pertanian, adalah

a.    mesin ketik manual

b.    Laptop

c.    kertas HVS

d.    Poster

e.    Brosur

 

83. Materi penyuluhan yang disampaikan dengan menggunakan internet yaitu ....

a.    Media berbasis T I K

b.    Media benda nyata

c.    Media Audio

d.    Media Audio Visual

e.    Media Cetak

 

84. Materi penyuluhan yang disampaikan dengan menggunakan indera pendengan dan penglihatan yaitu…

a.    Media Audio Visual

b.    Media benda nyata

c.    Media Cetak

d.    Media Audio

e.    Media berbasis T I K

 

85. Contoh metode penyuluhan langsung

a.    Penyebaran brosur

b.    Pemutaran film

c.    Kursus tani

d.    Pemutaran slide

e.    Penyebaran leaflet


86. Kegiatan     penyuluhan    dengan     pendekatan     partisipatif     pelaksanaannya disesuaikan dengan...

a.    Keinginan penyuluh

b.    Keinginan petani dan kepala desa

c.    Kebutuhan dan kondisi petani sasaran

d.    Kebijakan pemerintah

e.    Anggaran pemerintah daerah

 

87. Metode penyuluhan yang memperagakan langsung cara kerja penerapan teknologi

a.    Penyebaran brosur

b.    Demonstrasi cara

c.    Siaran televisi

d.    Video

e.    Sound Slide

 

88. Metode penyuluhan secara langsung betatap muka dengan individu petani disebut…

a.    Rembug tani

b.    Diskusi

c.    Anjangsana massal

d.    Anjangsana perorangan

e.    Anjangsana kelompok

 

89. Beberapa syarat pokok materi penyuluhan pertanian adalah…

a.    Mudah dilaksanakan, diterima dan menguntungkan

b.    Secara ekonomis menguntungkan

c.    Sesuai kebutuhan penyuluh

d.    Secara teknis menguntungkan

e.    Teknologi sulit diterapkan

 

90. Dalam Sistem Kerja LAKU SUSI merupakan satu kesatuan kegiatan penyuluhan meliputi kegiatan…

a.    Latihan, kunjungan dan supervise

b.    Latihan dan kunjungan

c.    Latihan dan kunjungan sukarela

d.    Latihan kerja sukarela

e.    Latihan, kunjungan dan sosialisasi


91. Kepanjangan dari metode penyuluhan SL adalah

a.    Sekolah Luar Biasa

b.    Sekolah Lanjutan

c.    Satuan Lapang

d.    Sekolah Lapang

e.    Satuan Lanjutan

 

92. Kunjungan   petani    secara    berkelompok    ke    suatu   tempat    untuk   melihat keberhasilan pertanian disebut...

a.    Pariwisata

b.    Widyawisata

c.    Studi banding

d.    Agrowisata

e.    Tamasya

 

93. Kegiatan     penyuluhan    dengan     pendekatan     partisipatif     pelaksanaannya disesuaikan dengan...

a.    Keinginan penyuluh

b.    Kemampuan petani

c.    Kebutuhan dan kondisi petani sasaran

d.    Kebijakan pemerintah

e.    Program desa

 

94. Etika pembelajaran dalam penyuluhan yang harus diperhatikan yaitu...

a.    memiliki sifat ingin menggurui

b.    Tidak menggurui, tidak menjadi ahli, tidak memutus pembicaraan, tidak berdebat dan tidak diskriminatif

c.    Memiliki sifat ingin selalu berdebat

d.    Memiliki sifat lebih pintar/ ahli

e.    Memiliki sifat diskriminatif

 

95. Salah satu metode kunjungan ke lokasi dan lingkungan berbeda yang bertujuan untuk membandingkan usaha tani disebut...

a.    Diskusi

b.    Studi banding

c.    Tatap muka

d.    Temu Teknis

e.    Musyawarah


96. Demonstrasi area (dem-area) merupakan percontohan usaha tani yang dilakukan gabungan kelompok dengan luas lahan...

a. 25 100 ha

b.    < 1 hektar

c.    1 hektar saja

d.    >1000 hektar

e.    luas sekali

 

97. Anjangsana ke petani merupakan metode penyuluhan yang berdasarkan jumlah sasaran termasuk pendekatan….

a.    Pendekatan perorangan

b.    Pendekatan massal

c.    pendekatan massal dan perorangan

d.    pendekatan perorangan dan kelompok

e.    pendekatan kelompok

 

98. Kursus tani adalah kegiatan belajar dan mengajar bagi petani dengan tujuan meningkatkan

a.    Umur

b.    Pendapatan

c.    Jumlah anggota

d.    Pengetahuan, Sikap, Ketrampilan

e.    Pendidikan

 

99. Temu karya adalah metode penyuluhan pertanian yang dilakukan dengan cara mempertemukan petani dengan…

a.    Pelaku usaha dengan pejabat pemerintah

b.    Pelaku usaha dgn penyuluh pertanian

c.    Pelaku usaha dengan pemerintah

d.    Sesama pelaku utama untuk saling bertukar informasi dan pengalaman

e.    Pelaku Usaha dan mitra kerja

 

100.   Badan Usaha Milik Petani (BUMP) dapat berbentuk….

a.    Asosiasi Karet

b.    Koperasi dan Perseroan Terbatas (PT)

c.    Kelompok Tani

d.    Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA)

e.    Unit Pengelola Jasa Alsintan

Tidak ada komentar: