CONTOH SOAL TRY OUT
JENJANG PERTAMA
1. Ayam KUB singkatan dari...
a. Ayam Kampung
Unggul Balitbangtan
b. Ayam Kelompok
Usaha Bersama
c.
Ayam Kampung Usaha Bersama
d. Ayam Kelompok
Untuk Bekerja
e.
Ayam Kampung Untuk Berdua
2. Makna prinsip
obyektif pada pelaksanaan evaluasi
a.
evaluasi dilaksanakan berdasarkan fakta
b.
Evaluasi sesuai keinginan penyuluh
c. Evaluasi sesuai keinginan petani
d.
Evaluasi sesuai kemampuan petani
e. Evaluasi sesuai
dengan keinginan pemimpin
daerah
3. Dalam melakukan
evaluasi melibatkan sejumlah
petani menjadi sumber informasi yang disebut sebagai
a. Responden
b.
Narasumber
c.
Enumerator
d.
Pengumpul data
e. Data skunder
4. Syarat instrumen evaluasi fasilitasi peningkatan produktivitas usahatani yang baik adalah
harus valid, maknanya…
a.
Memiliki tingkat kebenaran
dan ketepatan interpretasi hasil evaluasi
b. Mudah diisi oleh responden
c.
Mampu mengukur respon
secara konsisten
d. Mendapat respon
dari enumerator
e.
Sederhana dan mudah digunakan
5. Evaluasi penyuluhan
pertanian pada saat pelaksanaan kegiatan penyuluhan disebut…
a. Awal (pre evaluaton)
b. Proses (on-going evaluation)
c. Akhir (post/terminal evaluation)
d. Dampak (ex-post
evaluation)
e. Analisis hasil
evaluasi kinerja penyuluh
pertanian
6. Manfaat melakukan evaluasi penyuluhan
a.
Mengumpulkan angka kredit
b. Untuk mencari
bukti apakah perubahan yang terjadi sesuai
tujuan dan sasaran
yang diinginkan
c. Meningkatkan skala
usaha
d.
Membuktikan kinerja penyuluh
e. Menjadi dasar memperoleh bantuan
7. Persyaratan alat ukur untuk evaluasi penyuluhan pertanian adalah
a.
Dapat dilihat
b. Objektif dan dapat dipercaya
c.
Dapat terjangkau
d. Dapat diubah
e.
Dapat digunakan
8. Evaluasi untuk mengukur perilaku
sasaran menyangkut perubahan PSK yaitu…
a. Pengetahuan, sikap dan keterampilan
b.
Pengetahuan, sikap dan kinerja
c. Pengetahuan, sifat dan keterampilan
d. Pengalaman, sifat dan keterampilan
e.
Pengetahuan, sikap dan keahlian
9. Penggunaan instrumen evaluasi yang sudah tersedia, harus disesuaikan dengan
a. Tujuan evaluasi
yang ingin dicapai
b.
Teori yang diperoleh
c. Kepentingan atasan
d.
Pesanan pimpinan
e. Kondisi anggaran
10. Evaluasi Penyuluhan Pertanian adalah proses…
a.
Alur cerita penyuluhan
b. Proses Pengumpulan data dan informasi penyuluhan
c.
Tujuan Penyuluhan
d. Target Penyuluhan
e.
Sasaran Penyuluhan
11. Demonstrasi Plot (Demplot) merupakan
metode demonstrasi yang dilaksanakan dengan
luas hamparan…
a. 0,1 - 1 Ha
b. 1 - 5 Ha
c. 5 - 25 Ha
d. 25 - 50 Ha
e. 50 - 100 Ha
12. Dampak positif
dari musuh alami adalah...
a. Populasi hama menjadi lebih banyak
b.
Petani menjadi sejahtera
c. Hama pada tanaman berkurang
d.
Merusak lingkungan ekosistem
e.
Mempertahankan produksi tinggi
13. Rencana Kerja Tahunan Penyuluh
(RKTP) dibuat...
a.
Setelah selesai penyusunan programa penyuluhan pertanian
b. Sebelum programa
penyuluhan pertanian
c.
Setelah identifikasi potensi
wilayah
d. Sebelum identifikasi potensi wilayah
e. Setelah programa
penyuluhan pertanian
14. Cara yang tepat dalam melestarikan musuh alami ...
a.
Menggunakan pestisida kimia
b. Menanam tanaman
Refugia
c.
Menggunakan bahan Insektisida
d. Menggunakan bahan Fungisida
e.
Menggunakan bahan Herbisida
15. Salah satu prinsip
evaluasi harus valid,
maknanya…
a. Menggunakan alat ukur yang sesuai
b.
Subyektif
c. Berdasarkan persepsi
evaluator
d.
Berdasarkan perkiraan
e. Bukan berdasarkan fakta
16. Tahap awal pelaksanaan evaluasi
penyuluhan adalah
a.
Menyusun rencana evaluasi
b.
Mengumpulkan data
c.
Menganalisis data
d. Mentabulasi data
e.
Menyusun laporan
17. Instrumen atau kuesioner evaluasi
harus praktis, maknanya
a. Mudah dan bersifat efektif
untuk menganalisis
b.
Subyektif
c. Rumit
d.
Jumlah pertanyaan banyak
e. Pertanyaannya panjang
18. Saling mengenal, akrab dan saling percaya diantara
sesama anggota pelaku
utama adalah ciri dari...
a. Kelompoktani
b.
KTNA
c. Organisasi Profesi
d. Asosiasi Komoditas
e.
Dewan Komoditas
19. Pupuk yang ramah lingkungan dan berasal dari bahan alami disebut sebagai
a. Biofertilizer
b.
Pupuk adonan
c. Pupuk Urea
d.
AB Mix
e. Fertilizer nano
20. Salah satu metode penyuluhan pertanian cara memformulasikan pakan ternak dapat
dilakukan dengan ...
a. Temu lapang
b.
Temu teknis
c. Demonstrasi cara
d.
Demmostrasi plot
e. Demonstrasi hasil
21. Berdasarkan sumbernya, data dikelompokkan menjadi…
a. Data primer dan data sekunder
b.
Data rata-rata
c.
Data interval
d.
Data ordinal
e. Data nominal
22. Data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya dan bukan tambahan
disebut
a. Data primer
b.
Data pribadi
c. Data desa
d.
Data kuarter
e.
data pribadi
23. Syarat instumen
kajian yang baik adalah harus valid, maknanya:
a.
Memiliki tingkat kebenaran
yang tinggi (dapat
mengukur apa yang akan diukur)
b. Mudah diisi oleh responden
c.
Mampu mengukur respon
secara konsisten
d. Menjawab kebutuhan
kajian
e. Sederhana dan mudah digunakan
24. Kelebihan pupuk organik adalah
...
a.
Mengandung unsur Nitrogen
b. Mengandung unsur Kalium
c.
Mengandung unsur Kalsium
d. Mengandung unsur makro dan mikro yang diperlukan tanaman
e.
Mengandung Hydrogen dan Kalium
25. Pupuk urea diberikan pada tanaman bertujuan ...
a. Menambah unsur Phospat
b.
Menambah unsur Kalium
c. Menambah unsur
Nitrogen
d.
Menambah unsur Phospat,
Kalium, dan Nitrogen
e. Menambah unsur Kalium dan Phospat
26. Informasi atau data untuk kajian yang diambil langsung dari sumber data/responden dan belum diolah
disebut data ...
a.
Sekunder
b. Primer
c.
data mentah
d. data setengah
diolah
e.
data sederhana
27. Data primer
dapat dikumpulkan / diperoleh dari…
a. Internet
b.
Wawancara langsung
c. Buku, Textbook, Jurnal, Laporan
d.
Majalah
e.
Surat Kabar
28. Ketua pelaksana
harian Kostratani adalah
a.
Bupati
b. Sekretaris daerah
c.
Camat
d. Pimpinan BPP atau Koordinator Penyuluh di BPP
e. Mantri Tani
29. Cara pengumpulan data dengan cara menggunakaninstrumen disebut
a.
Peta Jalan
b. Peta Dinding
c.
Wawancara, observasi
d. Poster
e.
Menyadur kajian yang sudah dilaksanakan
30. Kepanjangan dari RDK
a. Rencana dana kelompok
b.
Rencana definitif kelompok
tani
c. Rencana dukungan
kelompok
d.
Rancangan definitif kelompok
tani
e. Rancangan dana kelompok
31. Kelembagaan penyuluhan yang ada di tingkat Desa/Kelurahan
a.
Gapoktan
b.
KWT
c.
Kelompok tani
d. BPP
e.
Posluhdes
32. Penilaian kelas kemampuan kelompoktani bertujuan untuk
a. Mengetahui pengurus
kelompok
b.
Menyediakan bahan perumusan
kebijakan dan strategi
pemberdayaan petani
c. Memudahkan memperoleh pinjaman
d.
Dasar memperoleh bantuan
e. Mengganti pengurus
kelompok
33. Kelas kemampuan kelompok paling rendah
a.
Pemula
b. Lanjut
c.
Madya
d. Pertama
e. Utama
34. Pemupukan padi sawah biasanya
dilakukan dengan cara ...
a.
Dicelupkan
b. Dibenamkan
c.
Disebar atau di tabor
d. Dicairkan
e.
Dicampur tanah sebelum
disebar
35. Fungsi dari kelembagaan penyuluhan swadaya
a. Membantu petani
di sekitarnya untuk memperoleh bantuan
b. mitra kelembagaan penyuluhan pertanian pemerintah untuk memperkuat fungsi
penyuluhan pertanian
c.
Wadah aktualisasi petani
maju
d. Sarana berkumpul dan berinteraksinya para petani innovator
e.
Wakil petani biasa
36. BPP berfungsi sebagai
a. Kantor pertanian di tingkat kabupaten
b.
Kantornya para penyuluh
c.
Tempat pertemuan para penyuluh, pelaku utama dan pelaku usaha
d.
Tempat memperoleh modal bagi petani
e. Tempat dibagikannya bantuan
37. Peran Kostratani yang berkaitan dengan
data yaitu ….
a.
Pusat data
dan Informasi
b. Pusat gerakan
pembangunan pertanian
c.
Pusat pembelajaran
d. Pusat konsultasi Agribisnis
e.
Pusat pengembangan jejaring
kemitraan
38. Penggunaan alat dan mesin
pertanian untuk peningkatan produksi merupakan upaya menuju
a.
Usaha keluarga
b. Pengolahan hasil
pertanian
c.
Pertanian Modern
d. Pertanian terpadu
e. Kemitraan usaha
39. Penetapan jadwal
pertemuan rutin kelompoktani ditentukan oleh
a.
Ketua kelompoktani
b. Beberapa anggota
kelompoktani
c.
Kepala desa
d. Penyuluh
e.
Hasil musyawarah anggota
kelompoktani
40. Tujuan pertemuan
rutin kelompoktani, adalah
a. Silaturahim
b.
Lebih akrab
c. Saling tukar informasi di bidang pertanian
d.
Menyampaikan informasi sepihak
dari Penyuluh
e. Menyampaikan keluhan
petani
41. Posluhdes merupakan kelembagaan penyuluhan di desa/kelurahan yang bersifat
a.
Non Struktural
b.
Struktural
c.
Terbuka
d. Kebersamaan
e.
Kemandirian
42. Posluhdes disahkan
oleh…
a. Ketua Gapoktan
b.
Camat
c. Kepala BPP
d.
Penyuluh Pendamping
e. Kepala Desa/Lurah
43. Balai Penyuluhan Pertanian dipimpin oleh
a.
Kepala UPTD
b. Koordinator Penyuluh
Pertanian
c.
Camat
d. Kasie Penyuluhan
e. Kepala Unit BPP
44. Penumbuhan Gapoktan
ditujukan untuk
a.
Menggabungkan beberapa kelompok
tani
b. Memperoleh bantuan
lebih mudah
c.
Mempermudah proses penyuluhan
d. Memudahkan pembukuan
e.
Meningkatkan skala dan efisiensi usahatani
45. Pola tanam
monokultur
a. Pola tanam perkebunan
b.
Pola tanam pekarangan
c. Pola tanam satu jenis tanaman
d.
Pola tanam kawasan
hutan
e. Pola tanam
lebih dari satu jenis tanaman
46. Tanaman perkebunan berumur pendek/semusim
a.
Kapas, nilam dan tembakau
b.
Teh
c.
Kopi
d. Kakao
e.
Kelapa sawit
47. Alsintan pengolah
tanah
a. Rice Transplanter
b.
Sabit
c. Traktor
d.
Combine Harvester
e. Power Thresser
48. Contoh bentuk Kelembagaan Ekonomi
Petani
a.
Koperasi
b. Gapoktan
c.
Poktan
d. KWT
e. Taruna Tani
49. Salah satu fungsi kelompok
dalam pengembangan usaha adalah
a.
Wahana kerja sama
b. Sebagai unit produksi
c.
Sebagai kelas belajar
d. Sebagai anjang
sana
e.
Sebagai wahana bermain
50. Pembaharuan dalam teknologi pertanian disebut
a. Informasi penyuluhan
b.
Pesan penyuluhan
c. Materi komunikasi
d.
Materi penyuluhan
e. Inovasi Teknologi
51. Dalam melakukan
evaluasi peningkatan kapasitas
kelompoktani, dilakukan evaluasi
usaha kelompok yang meliputi…
a.
Evaluasi perencanaan dan pelaksanaan usaha kelompoktani
b. Evaluasi administrasi pembukuan
c.
Evaluasi struktur srganisasi
d. Evaluasi aturan dan norma
e.
Evaluasi pertemuan rutin
52. Evaluasi kemampuan
kelompoktani dalam mengembangkan kepemimpinan, dengan cara…
a.
Pengembangan kapasitas SDM dan pengkaderan pengurus kelompoktani
b. Pengembangan usahatani
kelompoktani
c.
Pemupukan modal kelompoktani
d.
Pelaksanaan unit sarana
kelompoktani
e.
Pelayanan informasi kelompoktani
53. Kelas kemampuan
kelompoktani, sebagai berikut…
a. Pemula, lanjut,
madya, utama
b.
Pemula, muda
c. Muda, madya
d. Muda, utama
e.
Lanjut, utama
54. Kelembagaan ekonomi
petani yang telah berbadan hukum yaitu…
a. Koperasi Tani
b.
Kelompok tani
c. Gabungan kelompok
tani
d.
P3A
e.
Kelompok Usaha Bersama
55. Hasil validasi
penilaian kelas kemampuan
kelompok tani,dilaporkan paling
lambat pada minggu
ke II bulan......
a. kapan saja
b.
Desember
c. Menunggu di minta
d.
Bila diperlukan
e. Disaat musim tanam
56. Sebagai unit usaha pengolahan, gapoktan harus memiliki
kemampuan…
a.
Menyusun rencana budidaya
b. Menjalin kerjasama kemitraan usaha dengan
pihak penyedia peralatan pertanian dan penyedia
saprodi
c. Menentukan komoditas
yang akan dinam
d.
Menghitung kebutuhan pupuk
e. menghitung kebutuhan
benih
57. Sebagai unit usaha pemasaran, gapoktan harus memiliki kemampuan…
a.
Menentukan kebutuhan peralatan
b. Mencari kemitraan dengan tengkulak
c. Merencanakan kebutuhan pasar berdasarkan sumberdaya yang dimiliki gapoktan
d.
Mencari modal
e. Menyusun kebutuhan benih
58. Gapoktan
mempunyai fungsi sebagai penyedia sarana dan prasarana produksi antara lain gapoktan harus mampu melayani
seluruh anggota untuk memenuhi kebutuhan…
a. Sertifikat lahan usaha tani
b.
Pupuk dan benih unggul
c. Kios penjualan
d.
Lumbung pangan
e. Modal
59. Kemampuan kelompok
tani dalam melaksanakan fungsinya sebagai kelas belajar ditunjukkan dengan…
a. Adanya AD/ART
b.
Adanya iuran anggota
c. Tingkat kehadiran
anggota dalam pembelajaran
d.
Adanya uang
kas
e. Adanya mesin milik kelompok
60. KEP singkatan dari…
a.
Komite Ekonomi Pemerintah
b. Koordinasi Ekonomi
Petani
c.
Kelompok Ekonomi Petani
d.
Kemampuan Ekonomi Pemerintah
e.
Kelembagaan Ekonomi Petani
61. Kelas kemampuan kelompok paling tinggi…
a. Pemula
b.
Lanjut
c.
Muda
d.
Madya
e. Utama
62. Penyuluh Pertanian Swadaya adalah…
a.
Tenaga bantu penyuluhan yang direkrut Kementerian Pertanian
b. Penyuluh yang berasal dari dunia usaha
c.
Tokoh masyarakat
d. Tokoh agama
e.
Pelaku Utama yang mampu menjadi
penyuluh
63. Salah satu prinsip penumbuhan Poktan adalah keswadayaan, maknanya…
a. Memperhatikan aspirasi
b.
Memiliki keinginan bersama
c. Memiliki kepentingan bersama
d.
Kekompakan
e. Kemampuan menggali
potensi setiap anggota dalam penyediaan
dana, saprodi
64. Unit pengelola Alsintan di Kelompoktani/Gapoktan
a.
Koperasi
b. Bumdes
c.
LKM-A
d. Saprodi
e.
UPJA
65. Dalam penyusunan RDK dan RDKK Penyuluh Pertanian berperan sebagai…
a. Pendamping
b.
Penyusun
c. Evaluator
d.
Motivator
e. Kontributor
66. Fungsi dan peran Posluhdes
a.
Menyusun kebijakan pertanian kecamatan
b.
Memberikan pinjaman untuk ketua kelompok
c.
Memberikan bantuan benih
d. Melakasanakan penyuluhan pertanian
e.
Memberikan bantuan pestisida
67. Berikut kelembagaan Pelatihan Petani yaitu…
a. Gapoktan
b.
BUMP
c. Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S)
d.
P3A
e. UPJA
68. Materi dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK),
antara lain
a.
Jumlah pinjaman anggota
b. Jumlah anggota
Gapoktan
c. Jumlah kebutuhan benih/bibit, pupuk, pestisida, biaya garapan dan pemeliharaan, dan biaya alsintan
d.
Kebutuhan biaya anak sekolah
e.
Jadwal petugas air
69. Berikut prinsip
pengembangan kawasan pertanian
berbasis korporasi, adalah…
a. Perbedaan
b.
Jenis usaha
c. Luasan wilayah
d.
Keutuhan anggota
e.
Korporasi petani
70. Untuk memperkuat usahatani dari hulu sampai hilir maka diperlukan kemampuan…
a. Kemampuan meminjam
b.
Kemampuan manajerial
c. Kemampuan merekrut tenaga
d.
Membuat data kalender
tanam
e. Skim Kredit
Perbankan
71. Berikut merupakan
media penyuluhan tercetak…
a. Penyebaran Brosur
b.
Demonstrasi cara
c.
Siaran televise
d.
Video
e. Sound Slide
72. Brosur dan folder/leaflet dipergunakan untuk melakukan penyuluhan dengan sasaran…
a. Kelompok tani dan individu
petani
b.
Anak sekolah
c. Pedagang pertanian
d.
Pemuda
e.
Nelayan dan petani
hutan
73. Contoh media
penyuluhan audio visual…
a.
Brosur
b. Film/video tutorial
c.
Siaran radio
d. MP3
e. Sound Slide
74. Contoh media penyuluhan massal…
a.
Temu wicara
b. Siaran radio
c.
Diskusi
d. Pertemuan kelompok
e.
Anjangsana kelompok
75. Media siaran
radio dan website
dapat digunakan untuk melakukan penyuluhan secara…
a.
Individu, kelompok dan massal
b. Langsung
c.
Tidak langsung
d. Komunikasi dua arah
e.
Nelayan dan petani
hutan
76. Media penyuluhan elektronik, yaitu..
a. Siaran Radio,
TV, internet, video, sound
slide
b.
Spanduk/Baliho
c.
Seri foto
d.
Kartu kilat
e. Brosur
77. Pemanfaatan Teknologi
Informasi Komunikasi (TIK) dalam penyuluhan terus berkembang, salah
satunya melalui media
sosial atau termasuk
media?
a. Media cetak
b.
Media elektronik
c. Media berbasis
TIK
d.
Media massa
e.
Media benda nyata
78. Efektivitas penggunaan media penyuluhan sangat ditentukan oleh …
a.
Keadaan sarana
b. Keadaan anggaran
yang tersedia
c.
Penyuluh
d. Lokasi/wilayah
e. Banyaknya indera
penerima yang terlibat
79. Dalam merancang
model penyuluhan dengan menggunakan media penyuluhan harus
dikemas sedemikian rupa agar...
a. Pesan/informasi yang disampaikan jelas
b.
Pesan jadi membingungkan
c. Informasi sulit diterima
d.
pesan / informasi susah ditafsirkan
e.
Pesan/informasi sulit diingat
80. Penggunaan media penyuluhan dalam bentuk poster
dengan tujuan agar sasaran dapat…
a. Menumbuhkan perhatian dan minat sasaran
b.
Sekedar mencari kesibukan sasaran
c. Sekedar menambah
koleksi sasaran
d.
Sekedar mengisi waktu
e. Sekedar iseng
81. Perangkat Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dapat
digunakan untuk mengakses informasi dari website…
a.
SmartPhone
b. Radio
c.
Proyektor
d. OHP
e.
Printer
82. Perangkat Teknologi
Informasi dan Komunikasi
yang dapat dimanfaatkan dalam penyuluhan pertanian, adalah
a.
mesin ketik manual
b. Laptop
c.
kertas HVS
d.
Poster
e.
Brosur
83. Materi penyuluhan yang disampaikan dengan menggunakan internet
yaitu ....
a. Media berbasis
T I K
b.
Media benda nyata
c. Media Audio
d. Media Audio Visual
e.
Media Cetak
84. Materi penyuluhan yang disampaikan dengan
menggunakan indera pendengan
dan penglihatan yaitu…
a.
Media Audio Visual
b. Media benda nyata
c.
Media Cetak
d. Media Audio
e.
Media berbasis T I K
85. Contoh metode
penyuluhan langsung
a. Penyebaran brosur
b.
Pemutaran film
c. Kursus tani
d.
Pemutaran slide
e. Penyebaran leaflet
86. Kegiatan penyuluhan dengan pendekatan partisipatif pelaksanaannya disesuaikan dengan...
a.
Keinginan penyuluh
b. Keinginan petani
dan kepala desa
c.
Kebutuhan dan kondisi
petani sasaran
d. Kebijakan pemerintah
e.
Anggaran pemerintah daerah
87. Metode penyuluhan yang memperagakan langsung
cara kerja penerapan
teknologi
a.
Penyebaran brosur
b. Demonstrasi cara
c.
Siaran televisi
d.
Video
e.
Sound Slide
88. Metode penyuluhan secara langsung betatap
muka dengan individu
petani disebut…
a.
Rembug tani
b. Diskusi
c. Anjangsana massal
d.
Anjangsana perorangan
e. Anjangsana kelompok
89. Beberapa syarat
pokok materi penyuluhan pertanian adalah…
a.
Mudah dilaksanakan, diterima
dan menguntungkan
b. Secara ekonomis
menguntungkan
c.
Sesuai kebutuhan penyuluh
d. Secara teknis
menguntungkan
e.
Teknologi sulit diterapkan
90. Dalam
Sistem Kerja LAKU SUSI merupakan satu
kesatuan kegiatan penyuluhan meliputi kegiatan…
a.
Latihan, kunjungan dan supervise
b. Latihan dan kunjungan
c.
Latihan dan kunjungan
sukarela
d. Latihan kerja sukarela
e.
Latihan, kunjungan dan sosialisasi
91. Kepanjangan dari metode penyuluhan SL adalah
a. Sekolah Luar Biasa
b.
Sekolah Lanjutan
c.
Satuan Lapang
d.
Sekolah Lapang
e. Satuan Lanjutan
92. Kunjungan petani secara berkelompok ke suatu tempat untuk melihat
keberhasilan pertanian disebut...
a. Pariwisata
b.
Widyawisata
c. Studi banding
d.
Agrowisata
e.
Tamasya
93. Kegiatan penyuluhan dengan pendekatan partisipatif pelaksanaannya disesuaikan dengan...
a. Keinginan penyuluh
b.
Kemampuan petani
c. Kebutuhan dan kondisi petani
sasaran
d. Kebijakan pemerintah
e.
Program desa
94. Etika pembelajaran dalam penyuluhan yang harus diperhatikan yaitu...
a. memiliki sifat ingin menggurui
b. Tidak menggurui, tidak menjadi ahli, tidak memutus
pembicaraan, tidak berdebat
dan tidak diskriminatif
c.
Memiliki sifat ingin
selalu berdebat
d. Memiliki sifat lebih pintar/
ahli
e.
Memiliki sifat diskriminatif
95. Salah satu metode kunjungan
ke lokasi dan lingkungan berbeda yang bertujuan
untuk membandingkan usaha
tani disebut...
a.
Diskusi
b. Studi banding
c.
Tatap muka
d. Temu Teknis
e.
Musyawarah
96. Demonstrasi area (dem-area) merupakan percontohan usaha tani yang dilakukan gabungan kelompok dengan
luas lahan...
a. 25 – 100 ha
b. < 1 hektar
c.
1 hektar saja
d. >1000 hektar
e.
luas sekali
97. Anjangsana ke petani merupakan
metode penyuluhan yang berdasarkan jumlah
sasaran termasuk pendekatan….
a.
Pendekatan perorangan
b. Pendekatan massal
c.
pendekatan massal dan perorangan
d.
pendekatan perorangan dan kelompok
e.
pendekatan kelompok
98. Kursus tani adalah kegiatan
belajar dan mengajar
bagi petani dengan
tujuan meningkatkan …
a.
Umur
b. Pendapatan
c. Jumlah anggota
d.
Pengetahuan, Sikap, Ketrampilan
e. Pendidikan
99. Temu karya
adalah metode penyuluhan pertanian yang dilakukan dengan cara mempertemukan petani dengan…
a. Pelaku usaha dengan pejabat
pemerintah
b.
Pelaku usaha dgn penyuluh pertanian
c. Pelaku usaha
dengan pemerintah
d.
Sesama pelaku utama untuk saling
bertukar informasi dan pengalaman
e. Pelaku Usaha dan mitra kerja
100. Badan Usaha Milik Petani
(BUMP) dapat berbentuk….
a.
Asosiasi Karet
b. Koperasi dan Perseroan Terbatas
(PT)
c.
Kelompok Tani
d. Lembaga Keuangan
Mikro Agribisnis (LKMA)
e.
Unit Pengelola Jasa Alsintan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar