BANK SOAL UJIKOM
PENYULUH
PERTANIAN
1. Proses perubahan
perilaku yang mencakup
pengetahuan, sikap, dan ketrampilan pada diri
seseorang setelah menerima
inovasi dari sumbernya disebut
….
a. Komunikasi
b. Inovasi
c. Adopsi
d. Adopsi inovasi
e. Difusi inovasi
2. Prinsip evaluasi
penyuluhan pertanian berdasarkan ….
a. Fakta
b. Data
c. Anggota
d. Kejadian
e. Kepentingan
3. Permasalahan yang
dihadapi pada produk hortikultura saat masih kalah bersaing di pasar global. Terkait hal tersebut untuk
meningkatkan daya saing penyuluh agar menyiapkan materi tentang
….
a.
GHP (Good Handling
Practices)
b. Rendahnya daya saing produk
c. Tataniaga tidak benar
d.
Manajemen rantai pasok (SCM)
e. Perdagangan tidak sehat
4. Berikut unsur-unsur komunikasi dalam penyuluhan ….
a. Sumber dan penerima pesan
b. Sumber, penerima
pesan, dan pesan yang disampaikan
c. Sumber, penerima
pesan, dan saluran pesan
d. Sumber, penerima
pesan, dan efek pesan
e. Sumber, penerima
pesan, pesam, saluran
dan efek pesan
5. Kegiatan evaluasi
yang meliputi usaha hulu, usahatani, agroindustry, pemasaran dan jasa penunjang pengelolaan sumber daya
hayati dalam agroekosistem yang sesusi dan berkelanjutan, dengan bantuan teknologi, modal, tenaga kerja, dana manajemen untuk mendapatkan manfaat
sebesar-besarnya bagi
kesejahteraan masyarakat disebut
….
a. Evaluasi peternakan
b.
Evaluasi perkebunan
c. Evaluasi pertanian
d. Evaluasi hortikultura
e. Evaluasi agribisnis
6. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument dapat dilaksanakan dengan cara,
kecuali ….
a. Wawancara
b.
Observasi
c. Instrument dikirim
kepada responden
d. Teleconference
e. Mengisi data sekunder
7. Proses merumuskan masalah adalah sebagai
berikut ….
a. Identifikasi masalah
b.
Analisa masalah
c.
Menetapkan masalah pokok (focus)
d.
Merumuskan masalah
e.
Menyusun klasifikasi masalah
dan solusinya
8. Petani memiliki lahan 1 Ha,
kemudian tersedia pupuk Za dan SP36. Untuk menghitung kebutuhan petani harus menguasai pengetahuan, kecuali ….
a.
Alat yang digunakan
b.
Kegunaan pupuk
c.
Pemupukan berimbang
d.
Kandungan hara unsur ZA
dan SP36
e.
Cara memupuk
9. Kemampuan kelompok
tani dalam melaksanakan kegiatan ditunjukkan dengan,
kecuali….
a.
Adanya kegiatan pembelajaran
b.
Adanya kegiatan kerjasama
c.
Adanya unit produksi
d. Adanya rencana
kegiatan
e.
Adanya kegiatan simpan
pinjam
10. Apa manfaat
melakukan evaluasi kinerja
kelembagaan ….
a.
Bahan rencana penyusunan kegiatan kelembagaan petani
b.
Sebagai bahan laporan
ke BPP
c.
Sebagai bahan masukan/perbaikan kinerja kelembagaan petani
d.
Bahan laporan pada rembug tani nasional
e.
Bahan masukan dalam penyusunan programa
11. Validasi data dengan cara didiskusikan/dipanelkan dengan teman atau pihak lain yang dianggap
pakar dalam bidangnya, validasi semacam ini disebut ….
a.
Validasi empiric
b. Validasi konsep
c. Validasi kongkuren
d. Validasi prediktif
e. Validasi isi
12. Uji coba instrument kepada
petani di lokasi
yang akan digunakan
sebagai tempat pengkajian, validasi semacam ini disebut ….
a.
Validitas empiric
b. Validitas konsep
c.
Validitas isi
d. Validitas konsep
atau isi
e. Validitas kongkuren
13. Bukti fisik kegiatan menganalisis dan merumuskan data dampak pelaksanaan penyuluhan pertanian pada jenjang
jabatan penyuluh pertanian muda adalah ….
a.
Surat keterangan (Form D) dan bukti
hasil pekerjaan pengolahan data dampak penyuluhan pertanian
b.
Surat keterangam (Form B) dan bukti
hasil pekerjaan evaluasi
Penyuluhan Pertanian
c.
Laporan pelaksanaan (Form
A) dan bukti hasil pekerjaan
berupa analisis data dampak
penyuluhan pertanian
d. Laporan pelaksanaan (Form A)
e. Surat keterangan (Form B)
14. Syarat pokok materi penyuluhan pertanian adalah ….
a.
Secara teknis dapat dilaksanakan oleh petani, dapat dipertanggungjawabkan secara
social ekonomi
b. Hanya dapat dipertanggungjawabkan secara
ekonomis
c. Sesuai kebutuhan
penyuluh
d. Secara teknis
menguntungkan
e. Teknologi yang tidak direkomendasikan litbang
15. Evaluasi metode penyuluhan yaitu evaluasi terhadap
semua kegiatan penyuluhan pertanian yang dilakukan penyuluh pertanian dalam rangka mencapai ….
a. Perubahan tingkat
pengetahuan petani
b. Perubahan perilaku
petani sasaran
c. Perubahan pengertian
d. Perubahan tingkat
pendidikan
e. Peningkatan gaya hidup petani
16. Metode penyuluhan pertanian yang tidak menggunakan kombinasi
antar indera penglihatan (mata) dan pendengaran (telinga), kecuali ….
a. Penyebaran brosur
b. Demonstrasi cara
c. Siaran televise
d.
Video
e. Sound slide
17. Dalam mengembangkan poktan menjadi gapoktan, penyuluh hendaknya mematuhi
ketentuan sebagai berikut ….
a.
Gapoktan beranggotakan paling
kurang tiga poktan,
mempunyai pengurus, tertib
adminsitrasi dan keuangan
b. Gapoktan beranggotakan paling kurang dua poktan
c.
Gapoktan beranggotakan dua poktan,
belum mempunyai pengurus
tetap
d. Gapoktan beranggotakan petani sekitar
e. Gapoktan beranggotakan kelompok wanita tani dan pemuda
tani
18. Dalam melaksanakan evaluasi pembinaan poktan/gapoktan pengambilan data dapat bersumber dari, kecuali ….
a. Data primer
b. Data sekunder
c.
Data tersier
d. Data BPS
e. Data hasil
evaluasi
19. Untuk meningkatkan akses pasar salah
satu kegiatan penyuluh
antara lain melalui
pendampingan dalam ….
a.
Penumbuhan Kelembagaan Ekonomi
Petani (KEP)
b.
Memenuhi kebutuhan protein dan gizi melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara lestari
c.
Pembianaan dalam memasarkan hasil usahatani
d. Pembinaan dalam
memenuhi kebutuhan pasar
e. Pembinaan dalam optimalisasi hasil
usahatani
20. Data primer dapat dikumpulkan dari ....
a.
Internet
b.
Wawancara
c. Buku, textbook,
jurnal, laporan
d.
Majalah
e.
Surat Kabar
21. Pengembangan kelembagaan petani dimulai dari kelompok tani,
gabungan kelompok tani,
asosiasi/kelembagaan ekonomi
petani dalam bentuk ....
a.
Koperasi
b.
Bank Perkreditan Rakyat
c. BUMDES
d.
Lembaga Kemasyarakatan Desa
e.
Lembaga Keuangan Mandiri
22. Untuk meningkatkan daya saing di pasar global,
penyuluh pertanian melakukan
pendampingan dalam penerapan
pascapanen yang dikenal
dengan ....
a. Good Agriculture Practices (GAP)
b.
Good Handling Practices
(GHP)
c. Good Packing
House Management (GPHM)
d.
Good Selling Practices (GSP)
e.
Good Seeding Practices
23. Untuk meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian, perlu dilakukan evaluasi pada petani dalam Penerapan GAP
merupakan salah satu instrumen agar petani
....
a.
Akses terhadap teknologi
budidaya tanaman yang baik dan benar
b. Akses terhadap
budidaya ramah lingkungan
c.
Cara meningkatkan hasil pertanian
d.
Tanggungjawab penyuluh
e.
Petani bisa menerapkan budidaya yang sesuai iklim
24. Fokus evaluasi
berisi pemaparan tentang
a. Sumber data
b.
Objek yang akan dievaluasi
c. Pengolahan data
d.
Analisis data
e.
Kumpulan data
25. Kecenderungan seseorang
untuk menyukai sesuatu
hal dibandingkan dengan hal lain disebut ...
a. Sikap
b.
Minat
c. Usaha
d.
Ketepatan
e.
Keseimbangan
26. Kegiatan temu teknis melibatkan unsur-unsur kecuali ....
a.
Pimpinan BPP dan Penyuluh Pertanian Lapangan
b. Peneliti
c.
Ketua Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD)
d.
Perbankan
e.
Petani
27. Indikator kemampuan merencanakan dalam penilaian kelas kemampuan
kelompoktani/gapoktan meliputi ....
a.
Struktur organisasi, aturan
dan norma, administrasi pembukuan
b. Pertemuan rutin, Pelaksanaan belajar,
melaksanakan usaha
c.
Merencanakan kegiatan belajar,
merencanaan usaha
d.
Rencana belajar, struktur
organisasi, aturan dan norma
e.
Rencana belajar, struktur
organisasi, administrasi pembukuan
28. Dalam mengembangkan usaha kelompok, indikator
organisasi berjalan dengan
baik adalah ....
a.
Sudah ada pembagian tugas yang jelas antara anggota dan pengurus kelompoktani
b.
> 75% anggota
sudah ada pembagian tugas
c.
50-75% anggota sudah ada pembagian tugas
d.
<50% anggota terlibat
ada pembagian tugas
e.
Belum ada pembagian
tugas untuk para anggota
29. Jika hasil uji coba
instrumen dianalisis dan menghasilkan angka reliabilitas berkisar
0,3 maka hasil pengukuran bermakna
....
a. Tepat dapat menggambarkan karakteristik obyek yang sebenarnya
b.
Kurang tepat menggambarkan karakteristik obyek yang sebenarnya
c. Instrumen memiliki
sifat konsistensi yang tinggi
d.
Setiap butir pertanyaan/pernyataan yang terdapat di dalam instrumen valid
e.
Tidak tepat sasaran
30. Setiap individu
dalam proses belajar
harus melakukan aktivitas baik secara fisik
atau mental. Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri belajar ....
a.
Belajar adalah proses
aktif
b.
Belajar hanya dapat dilakukan oleh individu yang belajar
c. Dipengaruhi oleh pengalaman
d.
Proses belajar didorong
oleh hasil belajar
yang pernah diraih
e.
Dipengaruhi oleh lingkungan belajar
31. Teknik analisis
untuk mengetahui sejauh mana hasil suatu instrumen
dapat dipercaya disebut
....
a. Analisis Validitas
b.
Analisis Reliabilitas
c. Analisis Regresi
d.
Analisis Korelasi
e.
Analisa usaha
32. Menurut Permentan
No. 91 Tahun 2013 Tentang evaluasi kinerja Penyuluh Pertanian, kegiatan
peningkatan kapasitas petani terhadap akses informasi dalam mengembangkan usahatani
dilakukan melalui, kecuali
....
a.
Memberi informasi dan menunjukkan sumber
informasi
b. Membangun jejaring
kerja antar petani
c.
Membangun kemitraan
d.
Memandu penyusunan RDKK
e.
Membantu membuat proposal
kegiatan
33. Persyaratan alat ukur untuk melakukan evaluasi
dampak penyuluhan terhadap
peningkatan skala usahatani
kecuali ....
a.
Sahih dan dapat dipercaya
b.
Obyektif dan dapat dipercaya
c. Praktis dan sederhana
d.
Sahih dan sederhana
e.
Cepat dan tepat
34. Pendampingan penyuluh
pada petani dalam penerapan GAP merupakan salah satu instrumen agar petani ....
a.
Akses terhadap teknologi budidaya tanaman yang baik dan benar
b.
Paham dalam menerapkan kalender tanam
c. Cara meningkatkan hasil pertanian
d.
Tanggungjawab penyuluh
e.
Petani bisa menerapkan budidaya yang sesuai iklim
35. Pertanyaan dibawah
ini yang merupakan
pernyataan untuk prinsi-prinsip penilaian dalam peningkatan kapasitas gapoktan adalah ...
a.
Subjektif, Kompleks, dan Relevan
b.
Efisien, relevan, dan objektif
c. Praktis, Kompleks, dan Subjektif
d.
Kompleks, Subjektif, dan efektif
e.
Efektif, sederhana, dan subjektif
36. Evaluasi penyelenggaraaan penyuluhan meliputi kecuali
....
a.
Awal (pre-evaluation)
b. Proses (on-going
evaluation)
c.
Akhir (post/terminal evaluation)
d. Dampak (ex-post
evaluation)
e.
Analisis hasil evaluasi
kinerja penyuluh pertanian
37. Pesan yang disampaikan oleh penyuluh kepada sasarannya hal-hal
yang baru disebut....
a.
Informasi penyuluhan
b. Pesan penyuluhan
c.
Materi komunikasi
d. Materi penyuluhan
e.
Inovasi penyuluhan
38. Penyuluh pertanian
dalam menyusun evaluasi dan menyusun
laporan, memuat unsur- unsur ....
a.
Evaluasi kegiatan penyuluhan tanaman
pangan, perkebunan, peternakan, dan hortikultura
b.
Evaluasi pelaksanaan penyuluhan pertanian dan evaluasi dampak
pelaksanaan penyuluh pertanian
c.
Evaluasi pelaksanaan penyuluhan pertanian dan evaluasi dampak kegiatan penyuluh pertanian
d.
Evaluasi kegiatan progran
UPSUS dan evaluasi
dampak pelaksanaan UPSUS
e.
Evaluasi pelaksanaan penyuluhan pertanian dan evaluasi dampak
pelaksanaan UPSUS
39. Evaluasi terhadap
instrumen penilaian kelas kemampuan kelompoktani dilakukan melalui
aspek sebagai berikut ....
a.
Kemampuan merencanakan, kemampuan
mengorganisasikan, kemampuan melaksanakan kegiatan, kemampuan melakukan
pelaporan, dan kemampuan
mengembangkan kepemimpinan kelompoktani
b.
Kemampuan merencanakan, kemampuan melaksanakan kegiatan, kemampuan melakukan pelaporan, dan kemempuan mengorganisasikan kelompoktani
c.
Kemampuan mengorganisasikan, kemampuan
melaksanakan kegiatan, kemampuan
melakukan pelaporan, dan kemampuan mengembangkan kepemimpinan kelompoktani
d.
Kemampuan melaksanakan kegiatan,
kemampuan melakukan pelaporan, dan kemampuan mengembangkan kepemimpinan kelompoktani, kemampuan
merencanakan
e.
Kemampuan merencanakan, kemampuan melakukan
pelaporan, dan kemampuan mengembangkan kepemimpinan kelompoktani
40. Kegiatan penyuluh
pertanian dalam 1 minggu, digunakan
untuk kunjungan ke petani/kelompoktani
selama 4 hari, dan 1 hari digunakan untuk peningkatan kapasitas atau mengerjakan/menyelesaikan, kegiatan administrasi, disebut
dengan ...
a. Sistem kerja latihan dan kunjungan (LAKU)
b.
Sistem kerja kunjungan dan latihan
c. Diklat tematik
d.
Sekolah lapang
e.
Kursus tani
41. Pembelajaran yang biasa diterapkan untuk orang dewasa dengan mengacu pada menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai kemandirian bagi setiap
peserta disebut dengan
....
a.
Andragogi
b. Diskusi
c.
Pedagogi
d. Instruksional
e.
Pembelajaran jarak jauh
42. Dalam merancang
model penyuluhan dengan menggunakan media penyuluhan harus dikemas
sedemikian rupa agar ....
a. Pesan/informasi yang disampaikan jelas
b.
Pesan singkat dan jelas
c. Informasi cepat diterima
d.
Tidak beragam penafsiran
e.
Pesan/informasi mudah diingat
43. Evaluasi penilaian kelas kemampuan kelompoktani dilakukan dengan kriteria
kelas kemampuan kelompoktani sebagai berikut ....
a. Pemula, lanjut,
madya, utama
b.
Pemula, muda, lanjut,
madya
c.
Pemula, lanjut, muda,
madya
d. Pemula, muda,
madya, utama
e.
Pemula, lanjut, muda, utama
44. Sentra jeruk di Indonesia
terserang penyakit sehingga
merusak banyak tanaman
jeruk. Untuk mencegah adanya serangan penyakit tersebut penyuluh menyiapkan materi berupa bahan cetak dengan materi virus
CPVD.
a.
Materi siaran radio
b.
Brosur
c. Cyber extension
d.
Naskah LPM
e.
Sinopsis film
45. Pendampingan penyuluh
pada petani dalam penerapan GAP merupakan salah
satu instrumen agar petani ....
a.
Akses terhadap teknologi
budidaya tanaman yang baik dan benar
b.
Akses terhadap budidaya
ramah lingkungan
c. Cara meningkatkan hasil pertanian
d.
Tanggungjawab penyuluh
e.
Petani bisa menerapkan budidaya yang sesuai
iklim
46. Hasil evaluasi
terhadap afektivitas materi penyuluhan, direkomendasikan penyuluh untuk memberikan penyuluhan tentang Dampak Perubahan
Iklim (DPI) karena memengaruhi produkdi
hasil pertanian. Informasi
dampak perubahan iklim dapat diakses melalui Kalender Tanam Terpadu
hal ini sangat menguntungkan penyuluh dalam mendampingi petani dalam memperoleh akses ....
a. Informasi Teknologi
adaptif iklim
b. Modernisasi penyebaran informasi
c.
Digitalisasi informasi
d.
Mendapatkan modal
e.
Memperoleh bantuan
47. Proses adopsi
inovasi pelaku utama dan pelaku usaha terhadap
teknologi inovasi sebagai berikut ....
a.
Penumbuhan minat, menilai,
mencoba, penumbuhan perhatian
b. Mencoba, Penumbuhan perhatian, minat, menilai,
menetapkan
c.
Menilai, penumbuhan perhatian, mencoba, menetapkan
d.
Penumbuhan minat, menilai,
mencoba, menerapkan
e.
Melihat, mencoba, menilai,
menerapkan
48. Menetapkan topik juga memperhatikan syarat 5 M sebagai berikut
a.
Minat, mampu dilaksanakan, mudah dilaksanakan, mudah
dibuat masalah yang lebih luas, manfaat
b.
Minat, mahal biayanya, mudah dilaksanakan, mudah
dibuat masalah yang lebih luas,
manfaat
c.
Minat, mahal biayanya, mudah dilaksanakan, mudah
dibuat masalah yang lebih luas,
mampu dilaksanakan
d.
Murah biaya, mudah dilaksanakan, manfaat kepentingan sesaat, mudah terjangkau lokasi, minat terbatas
e.
Murah biaya, model kajian sulit dilaksanakan, manfaat kepentingan sesaat,
mudah terjangkau lokasi, minat terbatas
49. Pengembangan usaha
tani diawali dengan memanfaatkan sumberdaya alam pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan.
Selanjutnya sumberdaya alam tersebut untuk memenuhi
kebutuhan ...
a. Pangan, pakan,
energi, dan pupuk
b.
Pangan dan pakan
c.
Pangan, sandang, papan
d. Sandang dan pangan
e.
Pangan dan papan
50. Evaluasi untuk mengukur perilaku sasaran dari suatu kegiatan yang sudah dilaksanakan menyangkut perubahan ...
a. Pengetahuan, sikap dan keterampilan
b.
Pengetahuan dan sikap dan kinerja
c.
Pengetahuan, sifat dan keterampilan
d. Sikap, sifat
dan keterampilan
e.
Pengetahuan, sikap dan sifat
51. Untuk mengetahui kelas kemampuan kelompoktani perlu dilakukan penilaian
dengan tujuan kecuali
...
a. Mengetahui keragaan
kemampuan kelompoktani
b.
Menyediakan bahan perumusan
kebijakan dan strategi
pemberdayaan petani
c.
Mengetahui metodologi dan pemetaan
kebutuhan penyuluhan masing-masing kelas kelompok
d.
Mengetahui kelas kelompok
supaya memudahkan dalam pemberian bantuan
e.
Menyediakan database kelompoktani melalui SIMLUHTAN
52. Minat petani
untuk mengikuti kegiatan
penyuluhan termasuk dalam
perilaku ...
a.
Afektif/ terkait sikap dan nilai
b. Kognitif
c.
Psikomotor
d. Motivator
e.
Agresif
53. Kegiatan penyuluhan
dengan pendekatan partisipatif pelaksanaannya disesuaikan dengan
...
a.
Kebutuhan petani
b. Kondisi petani
c.
Kebutuhan dan kondisi
petani sasaran
d. Kebijakan pemerintah
e.
Anggaran Pemerintah Daerah
54. Skala minat dapat dilakukan
dengan menggunakan instrument berupa ...
a.
Check list, yaitu dengan cara meminta responden
memilih hal/kegiatan yang mereka sukai
b.
Rangking/peringkat
jawaban
c.
Urutan minat responden
d. Peringkat minat
e.
Daftar pertanyaan dengan
gradasi positif sampai
negatif
55. Indikator perubahan
psikomotorik, kecuali ...
a.
Kecepatan
b. Kecermatan
c.
Pengetahuan
d. Keharmonisan
e.
Kekuatan
56. Berdasarkan kemampuan adopsi inovasi, pelaku utama dapat dikelompokkan menjadi...
a.
Penolak, penerap dini, inovator, penerap
akhir
b. Penerap awal,
motivator, penerap akhir
c.
Penolak, inovator, motivator
d. Elaborator, inovator,
penerap akhir
e.
Penerap awal, elaborator dan penerap akhir
57. Salah satu aspek sasaran
yang tergolong paling
kuat ke dalam sosial budaya
yaitu ...
a. Umur
b.
Pendapatan
c. Jumlah
d.
Status leadership
e.
Pendidikan
58. Tahapan yang ditempuh dalam penulisan karya tulis ilmiah,
kecuali ...
a.
Memilih topik dan mengumpulkan bahan
b. Survey lapangan
c.
Menyusun tinjauan pustaka,
menyusun hipotesis, dan rancangan kajian
d. Analisis dan merumuskan
e.
Mengumpulkan masalah di lapangan
59. Komunikasi dalam penyuluhan bersifat
...
a.
Informatif
b.
Informatif dan persuasive
c. Informatif dan entertainment
d.
Informatif, persuasive, dan entertainment
e.
Persuasive dan entertainment
60. APIKLUH salah satu aplikasi
lewat internet yang dapat digunakan
dalam penyuluhan pertanian, termasuk media ....
a. Cetak
b.
Elektronik
c. Audio
d.
Digital
e.
Siaran TV
61. Ruang lingkup
pengkajian penyuluhan pertanian dapat meliputi, kecuali ....
a.
Metode dan Teknik
Penyuluhan pertanian
b. Kelembagaan Penyuluhan pertanian
c.
Materi Penyuluhan pertanian
d. Ketenagaan penyuluhan
e.
Sistem Laku SUSI
62. Badan Usaha Milik Petani
(BUMP) dibentuk dari,
oleh, dan untuk
petani melalui,
kecuali ....
a.
Gapoktan
b. Klompok Wanita
petani
c.
Kelompok pemuda tani
d. Kelompok pemuda
millenial
e.
Kelompok petani hutan dan nelayan
63. Menggunakan instrumen
evaluasi yang sudah tersedia, harus
disesuaikan dengan ...
a.
Topik yang akan dievaluasi
b. Sesuai dengan
tujuan yang ingin dicapai
c.
Metode yang digunakan
d. Kegunaan evaluasi
e.
Jadwal Kegiatan evaluasi
64. Perembesan adopsi
inovasi dari suatu individu yang telah mengadopsi ke individu yang lain dalam sistem sosial masyarakat sasaran yang sama disebut
....
a.
Komunikasi
b. Adopsi
c.
Adopsi inovasi
d. Difusi inovasi
e.
Adopsi dan difusi
inovasi
65. Indikator penilaian
kelas kemampuan kelompoktani dalam menjalankan fungsinya
dalam mengorganisasikan kegiatan
kecuali ....
a.
Menyusun jadwal kegiatan
panen
b. Struktur organisasi
c.
Aturan dan norma
d. Tertib administrasi dengan membuat pembukuan
dan laporan
e.
Susunan pengurus
66. Indikator kemampuan mengorganisasikan dalam penilaian kelas kemampuan
kelompoktani/gapoktan meliputi ....
a.
Pertemuan rutin, pelaksanaan belajar, melaksanakan usaha
b. Struktur organisasi, aturan dan norma, administrasi pembukuan
c.
Rencana belajar, rencana
usaha
d. Rencana belajar,
struktur organisasi, aturan dan norma
e.
Rencana usaha, struktur
organisasi, administrasi pembukuan
67. Sebagai unit produksi, gapoktan
memiliki unit usaha
yang memproduksi komoditas
pertanian untuk memenuhi
kebutuhan anggota dan pasar sehingga
dapat menjamin...
a.
Kuantitas, kualitas, dan kontinuitas
b. Kualitas dan formalitas
c.
Kontinuitas dan produktivitas
d.
Kualitas, kontinuitas, problibilitas
e.
Produktivitas dan kualitas
68. Materi Penyuluhan
pertanian merupakan bahan penyuluhan yang akan disampaikan penyuluh
kepada pelaku utama dan pelaku usaha dalam berbagai bentuk
yang meliputi kecuali ....
a. Ekonomi dan manajemen
b.
Teknologi
c.
Rekayasa sosial
d. Kelestarian lingkungan
e.
Rekayasa genetika
69. Metode penyuluhan pertanian dengan pendekatan kelompok biasanya dipergunakan untuk dapat memberikan ....
a.
Informasi yang lebih rinci tentang
suatu teknologi
b.
Penumbuhan minat tentang
penerapan bioteknologi
c.
Kesempatan mencoba tentang
teknologi jarwo
d. Kesempatan menerapkan suattu teknologi
e.
Kesempatan mengikuti temu lapang
70. Untuk memfasilitasi pelaku utama mendapatkan kemudahan dalam memperoleh akses sarana dan prasarana, penyuluh
pertanian dapat dilakukan dengan cara kecuali....
a. Meningkatkan kemampuan dalam mengakses informasi
b.
Meningkatkan kemampuan dalam mengelola sarana
dan prasarana
c. Meningkatkan memilih
metode penyuluhan
d.
Meningkatkan memperluas jaringan
/ kemitraan
e.
Meningkatkan jaminan untuk
produk sarana prasarana
71. Metode demonstrasi banyak diterapkan dalam kegiatan penyuluhan
karena dirasakan manfaatnya ....
a.
Pengajaran lebih jelas dan konkret,
lebih mudah dipahami,
proses belajar lebih
menarik, peserta dapat mencoba sendiri
b. Peserta cepat
beradaptasi
c.
Kegiatan bersinergi dengan
pihak lain
d.
Mudah dilihat dan didengar
e.
Peserta dapat berkomunikasi dengan peserta lain
72. Penerapan PHT (Integrated Pest Management) merupakan salah satu upaya agar petani dapat mengakses dan menerapkan teknologi ....
a.
Ramah lingkungan dan berkelanjutan
b. Pengendalian hama tersertifikat
c.
Pengendalian hama tikus
d.
Pengelolaan hama terbaik
e.
Pengumpulan hama terpadu
73. Mekanisasi pertanian merupakan salah satu solusi untuk
peningkatan produksi dan efisiensi. Dengan
mekanisasi pertanian juga sebagai
penerapan ...
a.
Usaha keluarga
b. Pengolahan hasil
pertanian
c.
Pertanian modern
d.
Pertanian terpadu
e.
Kemitraan usaha
74. Kesepahaman adalah salah satu prinsip penumbuhan gapoktan yang artinya
....
a.
Mengorganisasikan kegiatan produksi usaha tani
anggota ke dalam unit-unit usaha pengolahan dan pemasaran
b.
Gapoktan dapat mengembangkan unit usaha sesuai kebutuhan anggota
c.
Gapoktan dapat mengembangkan unit usaha sesuai
kebutuhan anggota yang mempunyai
peluang pasar / ekspor
d. Gapoktan dapat
mengembangkan unit usaha sesuai keinginan
poktan
e.
Gapoktan dapat mengembangkan unit usaha yang bersifat sukarela
75. Tujuan diterbitkannya Permentan No. 03 tahun 2018 tentang penyelenggaraan penyuluhan untuk ...
a.
Meningkatkan kualitas pendidikan penyuluhan pertanian
b.
Meningkatkan sumber, penerima
pesan dan pesan yang disampaikan penyuluh pertanian
c. Meningkatkan peran dan partisipasi aktif petani, kelembagaan petani, dan KEP
d.
Meningkatkan peran penyuluh dalam menyampaikan pesan program pembangunan pertanian
e.
Meningkatkan partisipasi penyuluh
swadaya dalam pendampingan penyuluhan
76. Salah satu program kementrian pertanian untuk menggerakkan agribisnis di pedesaan
melalui bantuan modal usaha ke gapoktan melalui program ...
a.
Program untuk pemuda millenial
b. Pengembangan usaha agribisnis pedesaan
(PUAP)
c.
Praktek dan usaha agribisnis
d. Pusat usaha agribisnis di pedesaan
e.
Lembaga ekonomi masyarakat perkebunan
77. Kemampuan Burhanudin pemuda tani dalam
menggunakan traktor roda empat termasuk kemampuan ....
a. Psikomotor
b.
Psikologis
c.
Magis
78. Dalam agribisnis, penerapan SCM (Supply Chain Management) yang diartikan sebagai
.......... merupakan upaya
pendampingan penyuluh terkait
dengan informasi pasar agar menguntungkan petani
a. Produksi oleh suatu kelompok
tani
b.
Produksi oleh satu gapoktan
c. Produk dengan
tetap menjaga kesegaran
d.
Penerapan Pengelolaan rantai
Pasok
e.
Produk dapat ditelusuri asal-usulnya (tracebility)
79. Dua pesyaratan penyuluh pertanian dalam memilih metode penyuluhan pertanian, harus mempertimbangkan sumberdayanya yaitu ....
a. Tingkat pendidikan peserta dan sarana
penyuluhan
b.
Jumlah peserta dan anggaran yang diperlukan
c. Lokasi dan suasana kegiatan
penyuluhan
d.
Kemampuan penyuluh pertanian, sasaran penyuluhan, materi penyuluhan, sarana penyuluhan dan biaya
e.
Keterampilan penyuluh dan peserta
80. Biaya yang dikeluarkan dalam usaha tani tetapi tidak habis dipakai
untuk satu kali siklus
produksi dan diperhitungkan biaya penyusutannya disebut
....
a.
Biaya usaha
b. Biaya tetap
c.
Biaya tidak tetap
d.
Biaya total
e. Biaya pengeluaran
81. Manfaat melakukan
evaluasi penyuluhan kecuali
...
a. Untuk mengetahui sudah sejauhmana tujuan
program penyuluhan dapat dicapai
b.
Untuk mencari bukti apakah perubahan yang terjadi sesuai tujuan dan sasaran yang diinginkan
c.
Untuk mengetahui kendala
yang dihadapi terkait
dengan pencapaian tujuan penyuluhan
d. Untuk mengetahui validitas rekomendasi hasil evaluasi
e.
Untuk mengukur keefektifan
dan efisiensi metode atau sistem kerja penyuluhan yang dilaksanakan
82. Pencatatan (recording) terhadap aktifitas panen dan pascapanen, hal ini diperlukan untuk memudahkan ....
a.
Proses penelusuran balik (tracebility)
b.
Kegiatan promosi
c. Memudahkan periklanan
d.
Pelayanan public relation
(PR)
e. Championship
83. Kegiatan evaluasi
penyuluh pertanian dengan
jenjang jabatan penyuluh
pertanian pertama, kecuali
....
a.
Menyusun rencana kegiatan
evaluasi pelaksanaan penyuluhan pertanian
b.
Menganalisis dan merumuskan hasil evaluasi pelaksanaan penyuluh pertanian
c. Menyusun rencana
kegiatan evaluasi dampak
pelaksanaan penyuluhan pertanian
d.
Mengumpulkan dan mengolah data evaluasi dampak
pelaksanaan penyuluh pertanian
e.
Mengembangkan korporasi petani
84. Jenis permasalahan ekspor produk pertanian
yang harus diidentifikasi dan dirumuskan terdiri atas permasalahan ....
a.
Jumlah harga, mutu, waktu, dan kontinyuitas yang diminta oleh importer dengan jumlah
harga, mutu, waktu, dan kontinyuitas yang dapat dipenuhi
oleh eksportir
b.
Sarana dan prasarana untuk kegiatan ekspor
c.
Kebijakan pemerintah baik yang berupa
hambatan tarif (tarifif
barrier)
d. Kebijakan pemerintah yang berupa hambatan
non tariff (non tarifif barrier)
e.
Jumlah pasokan dan kontinyuitas
85. Indikator untuk mengukur kemajuan yang dicapai petani dalam melakukan pemupukan padi sawah sesuai dengan rekomendasi ....
a.
Kecepatan dan ketepatan penggunaan pupuk
b. Kecepatan dan mengenal jenis pupuk
c.
Ketepatan dan pengetahuan tentang pupuk
d.
Pengertian dan mengenal
jenis pupuk
e. Ketrampilan memupuk
86. Berperan aktif menumbuhkembangkan kelembagaan pelaku utama bersama
Penyuluh Pertanian PNS merupakan salah
satu dari ...
a.
Tugas Penyuluh Pertanian Swadaya
b. Wewenang Penyuluh
Pertanian Swadaya
c.
Fungsi Penyuluh Pertanian Swadaya
d. Keluaran Penyuluh
Pertanian Swadaya
e. Target Penyuluh
Pertanian Swadaya
87. Memfasilitasi penerapan
teknologi usaha tani oleh anggota
sesuai dengan rencana
kegiatan merupakan upaya peningkatan poktan
sebagai ...
a.
Wahana Kerjasama
b. Kelas Belajar
c.
Unit Produksi
d. Wahana Interaksi
e. Wahana Berkumpul
88. Pertanian adalah kegiatan mengelola
sumberdaya alam hayati dengan bantuan
teknologi, modal, tenaga kerja, dan manajemen untuk menghasilkan komoditas
pertanian, mencakup subsektor ....
a. Tanaman Pangan
b. Hortikultura
c. Perkkebunan
d. Tanaman Pangan,
hortikultura, perkebunan, dan peternakan
e. Peternakan
89. Pada matrik programa penyuluhan pertanian, kolom yang berisis mengenai
jenis informasi teknologi
bagi pelaku utama dan pelaku usaha,
yaitu ...
a.
Kolom masalah
b. Kolom tujuan
c. Kolom materi
d. Kolom keadaan
e. Kolom Sasaran
90. Penumbuhan dan Pengembangan poktan dan gapoktan menjadi kelembagaan
ekonomi petani diatur dengan ....
a.
UU No 16 tahun 2006
b. UU No 13 tahun 2003
c. UU No 19 tahun 2013
d. Peraturan Mentan
no 33 tahun 2017
e.
Peraturan Mentan no.... tahun
91. Dalam matrik
programa penyuluhan pertanian, klom yang berisi mengenai upaya yang akan ditempuh untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumberdaya pembangunan pertanian khususnya yang
berkaitan dengan perubahan perilaku pelaku utama dan pelaku uasaha, pada ....
a. Kolom keadaan
b. Kolom masalah
c. Kolom tujuan
d.
Kolom materi
e. Kolom sasaran
92. Yang bukan termasuk langkah-langkah pendampingan penyuluh pertanian
dalam pengembangan gapoktan
adalah ....
a. Memperluas fungsi
unit-unit usaha gapoktan
b.
Pemberdayaan usaha tani gapoktan
c. Fasilitasi Pembentukan jejaring kerjasama
d. Meningkatkan kemampuan gapoktan menjadi KEP
e. Peningkatan jumlah
anggota gapoktan
93. Transformasi kelembagaan petani menjadi kelembagaan ekonomi petani dilakukan
melalui ....
a. Manajemen organisasi
b.
Manajemen usaha tani
c. Manajemen organisasi dan usaha tani
d. Manajemen agribisnis
e. Manajemen organisasi dan agribisnis
94. Pendampingan dan pengawalan secara
berkelanjutan oleh penyuluh
terhadap KUB merupakan strategi ....
a. Rintisan penumbuhan KUB petani muda
b.
Penumbuhan KUB petani muda
c. Pengembangan KUB Petani muda
d. Pemantapan KUB Petani muda
e. Pelembagaan KUB petani muda
SELAMAT
BELAJAR SEMOGA SUKSES
Saya Penyuluh Saya Hebat Luar Biasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar