Selasa, 11 Juli 2023

BANK SOAL UJIKOM PENYULUH PERTANIAN

 

BANK SOAL UJIKOM

PENYULUH PERTANIAN

1.    Proses perubahan perilaku yang mencakup pengetahuan, sikap, dan ketrampilan pada diri seseorang setelah menerima inovasi dari sumbernya disebut ….

a.    Komunikasi

b.    Inovasi

c.    Adopsi

d.    Adopsi inovasi

e.    Difusi inovasi

2.    Prinsip evaluasi penyuluhan pertanian berdasarkan ….

a.    Fakta

b.    Data

c.    Anggota

d.    Kejadian

e.    Kepentingan

3.    Permasalahan yang dihadapi pada produk hortikultura saat masih kalah bersaing di pasar global. Terkait hal tersebut untuk meningkatkan daya saing penyuluh agar menyiapkan materi tentang ….

a.    GHP (Good Handling Practices)

b.    Rendahnya daya saing produk

c.    Tataniaga tidak benar

d.    Manajemen rantai pasok (SCM)

e.    Perdagangan tidak sehat

4.    Berikut unsur-unsur komunikasi dalam penyuluhan ….

a.    Sumber dan penerima pesan

b.    Sumber, penerima pesan, dan pesan yang disampaikan

c.    Sumber, penerima pesan, dan saluran pesan

d.    Sumber, penerima pesan, dan efek pesan

e.    Sumber, penerima pesan, pesam, saluran dan efek pesan

5.    Kegiatan evaluasi yang meliputi usaha hulu, usahatani, agroindustry, pemasaran dan jasa penunjang pengelolaan sumber daya hayati dalam agroekosistem yang sesusi dan berkelanjutan, dengan bantuan teknologi, modal, tenaga kerja, dana manajemen untuk mendapatkan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat disebut

….

a.    Evaluasi peternakan

b.    Evaluasi perkebunan

c.    Evaluasi pertanian

d.    Evaluasi hortikultura

e.    Evaluasi agribisnis

6.    Pengumpulan data dengan menggunakan instrument dapat dilaksanakan dengan cara,

kecuali ….

a.    Wawancara

b.    Observasi

c.    Instrument dikirim kepada responden

d.    Teleconference

e.    Mengisi data sekunder

7.    Proses merumuskan masalah adalah sebagai berikut ….

a.    Identifikasi masalah

b.    Analisa masalah

c.    Menetapkan masalah pokok (focus)

d.    Merumuskan masalah

e.    Menyusun klasifikasi masalah dan solusinya


8.    Petani memiliki lahan 1 Ha, kemudian tersedia pupuk Za dan SP36. Untuk menghitung kebutuhan petani harus menguasai pengetahuan, kecuali ….

a.    Alat yang digunakan

b.    Kegunaan pupuk

c.    Pemupukan berimbang

d.    Kandungan hara unsur ZA dan SP36

e.    Cara memupuk

9.    Kemampuan kelompok tani dalam melaksanakan kegiatan ditunjukkan dengan,

kecuali….

a.    Adanya kegiatan pembelajaran

b.    Adanya kegiatan kerjasama

c.    Adanya unit produksi

d.    Adanya rencana kegiatan

e.    Adanya kegiatan simpan pinjam

10. Apa manfaat melakukan evaluasi kinerja kelembagaan ….

a.    Bahan rencana penyusunan kegiatan kelembagaan petani

b.    Sebagai bahan laporan ke BPP

c.    Sebagai bahan masukan/perbaikan kinerja kelembagaan petani

d.    Bahan laporan pada rembug tani nasional

e.    Bahan masukan dalam penyusunan programa

11. Validasi data dengan cara didiskusikan/dipanelkan dengan teman atau pihak lain yang dianggap pakar dalam bidangnya, validasi semacam ini disebut ….

a.    Validasi empiric

b.    Validasi konsep

c.    Validasi kongkuren

d.    Validasi prediktif

e.    Validasi isi

12. Uji coba instrument kepada petani di lokasi yang akan digunakan sebagai tempat pengkajian, validasi semacam ini disebut ….

a.    Validitas empiric

b.    Validitas konsep

c.    Validitas isi

d.    Validitas konsep atau isi

e.    Validitas kongkuren

13. Bukti   fisik   kegiatan   menganalisis   dan   merumuskan   data   dampak   pelaksanaan penyuluhan pertanian pada jenjang jabatan penyuluh pertanian muda adalah ….

a.    Surat keterangan (Form D) dan bukti hasil pekerjaan pengolahan data dampak penyuluhan pertanian

b.    Surat keterangam (Form B) dan bukti hasil pekerjaan evaluasi Penyuluhan Pertanian

c.    Laporan pelaksanaan (Form A) dan bukti hasil pekerjaan berupa analisis data dampak penyuluhan pertanian

d.    Laporan pelaksanaan (Form A)

e.    Surat keterangan (Form B)

14. Syarat pokok materi penyuluhan pertanian adalah ….

a.    Secara teknis dapat dilaksanakan oleh petani, dapat dipertanggungjawabkan secara social ekonomi

b.    Hanya dapat dipertanggungjawabkan secara ekonomis

c.    Sesuai kebutuhan penyuluh

d.    Secara teknis menguntungkan

e.    Teknologi yang tidak direkomendasikan litbang


15. Evaluasi metode penyuluhan yaitu evaluasi terhadap semua kegiatan penyuluhan pertanian yang dilakukan penyuluh pertanian dalam rangka mencapai ….

a.    Perubahan tingkat pengetahuan petani

b.    Perubahan perilaku petani sasaran

c.    Perubahan pengertian

d.    Perubahan tingkat pendidikan

e.    Peningkatan gaya hidup petani

16. Metode penyuluhan pertanian yang tidak menggunakan kombinasi antar indera penglihatan (mata) dan pendengaran (telinga), kecuali ….

a.    Penyebaran brosur

b.    Demonstrasi cara

c.    Siaran televise

d.    Video

e.    Sound slide

17. Dalam mengembangkan poktan menjadi gapoktan, penyuluh hendaknya mematuhi ketentuan sebagai berikut ….

a.    Gapoktan beranggotakan paling kurang tiga poktan, mempunyai pengurus, tertib adminsitrasi dan keuangan

b.    Gapoktan beranggotakan paling kurang dua poktan

c.    Gapoktan beranggotakan dua poktan, belum mempunyai pengurus tetap

d.    Gapoktan beranggotakan petani sekitar

e.    Gapoktan beranggotakan kelompok wanita tani dan pemuda tani

18. Dalam melaksanakan evaluasi pembinaan poktan/gapoktan pengambilan data dapat bersumber dari, kecuali ….

a.    Data primer

b.    Data sekunder

c.    Data tersier

d.    Data BPS

e.    Data hasil evaluasi

19. Untuk meningkatkan akses pasar salah satu kegiatan penyuluh antara lain melalui pendampingan dalam ….

a.    Penumbuhan Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP)

b.    Memenuhi    kebutuhan    protein   dan   gizi   melalui    optimalisasi   pemanfaatan pekarangan secara lestari

c.    Pembianaan dalam memasarkan hasil usahatani

d.    Pembinaan dalam memenuhi kebutuhan pasar

e.    Pembinaan dalam optimalisasi hasil usahatani

20. Data primer dapat dikumpulkan dari ....

a.    Internet

b.    Wawancara

c.    Buku, textbook, jurnal, laporan

d.    Majalah

e.    Surat Kabar

21. Pengembangan kelembagaan petani dimulai dari kelompok tani, gabungan kelompok tani, asosiasi/kelembagaan ekonomi petani dalam bentuk ....

a.    Koperasi

b.    Bank Perkreditan Rakyat

c.    BUMDES

d.    Lembaga Kemasyarakatan Desa

e.    Lembaga Keuangan Mandiri


22. Untuk meningkatkan daya saing di pasar global, penyuluh pertanian melakukan pendampingan dalam penerapan pascapanen yang dikenal dengan ....

a.    Good Agriculture Practices (GAP)

b.    Good Handling Practices (GHP)

c.    Good Packing House Management (GPHM)

d.    Good Selling Practices (GSP)

e.    Good Seeding Practices

23. Untuk meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian, perlu dilakukan evaluasi pada petani dalam Penerapan GAP merupakan salah satu instrumen agar petani ....

a.    Akses terhadap teknologi budidaya tanaman yang baik dan benar

b.    Akses terhadap budidaya ramah lingkungan

c.    Cara meningkatkan hasil pertanian

d.    Tanggungjawab penyuluh

e.    Petani bisa menerapkan budidaya yang sesuai iklim

24. Fokus evaluasi berisi pemaparan tentang

a.    Sumber data

b.    Objek yang akan dievaluasi

c.    Pengolahan data

d.    Analisis data

e.    Kumpulan data

25. Kecenderungan seseorang untuk menyukai sesuatu hal dibandingkan dengan hal lain disebut ...

a.    Sikap

b.    Minat

c.    Usaha

d.    Ketepatan

e.    Keseimbangan

26. Kegiatan temu teknis melibatkan unsur-unsur kecuali ....

a.    Pimpinan BPP dan Penyuluh Pertanian Lapangan

b.    Peneliti

c.    Ketua Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD)

d.    Perbankan

e.    Petani

27. Indikator    kemampuan     merencanakan     dalam    penilaian     kelas     kemampuan kelompoktani/gapoktan meliputi ....

a.    Struktur organisasi, aturan dan norma, administrasi pembukuan

b.    Pertemuan rutin, Pelaksanaan belajar, melaksanakan usaha

c.    Merencanakan kegiatan belajar, merencanaan usaha

d.    Rencana belajar, struktur organisasi, aturan dan norma

e.    Rencana belajar, struktur organisasi, administrasi pembukuan

28. Dalam mengembangkan usaha kelompok, indikator organisasi berjalan dengan baik adalah ....

a.    Sudah   ada   pembagian   tugas   yang   jelas   antara   anggota   dan   pengurus kelompoktani

b.    > 75% anggota sudah ada pembagian tugas

c.    50-75% anggota sudah ada pembagian tugas

d.    <50% anggota terlibat ada pembagian tugas

e.      Belum ada pembagian tugas untuk para anggota


29. Jika hasil uji coba instrumen dianalisis dan menghasilkan angka reliabilitas berkisar 0,3 maka hasil pengukuran bermakna ....

a.    Tepat dapat menggambarkan karakteristik obyek yang sebenarnya

b.    Kurang tepat menggambarkan karakteristik obyek yang sebenarnya

c.    Instrumen memiliki sifat konsistensi yang tinggi

d.    Setiap butir pertanyaan/pernyataan yang terdapat di dalam instrumen valid

e.    Tidak tepat sasaran

30. Setiap individu dalam proses belajar harus melakukan aktivitas baik secara fisik atau mental. Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri belajar ....

a.    Belajar adalah proses aktif

b.    Belajar hanya dapat dilakukan oleh individu yang belajar

c.    Dipengaruhi oleh pengalaman

d.    Proses belajar didorong oleh hasil belajar yang pernah diraih

e.    Dipengaruhi oleh lingkungan belajar

31. Teknik analisis untuk mengetahui sejauh mana hasil suatu instrumen dapat dipercaya disebut ....

a.    Analisis Validitas

b.    Analisis Reliabilitas

c.    Analisis Regresi

d.    Analisis Korelasi

e.    Analisa usaha

32. Menurut Permentan No. 91 Tahun 2013 Tentang evaluasi kinerja Penyuluh Pertanian, kegiatan peningkatan kapasitas petani terhadap akses informasi dalam mengembangkan usahatani dilakukan melalui, kecuali ....

a.    Memberi informasi dan menunjukkan sumber informasi

b.    Membangun jejaring kerja antar petani

c.    Membangun kemitraan

d.    Memandu penyusunan RDKK

e.    Membantu membuat proposal kegiatan

33. Persyaratan alat ukur untuk melakukan evaluasi dampak penyuluhan terhadap peningkatan skala usahatani kecuali ....

a.    Sahih dan dapat dipercaya

b.    Obyektif dan dapat dipercaya

c.    Praktis dan sederhana

d.    Sahih dan sederhana

e.    Cepat dan tepat

34. Pendampingan penyuluh pada petani dalam penerapan GAP merupakan salah satu instrumen agar petani ....

a.    Akses terhadap teknologi budidaya tanaman yang baik dan benar

b.    Paham dalam menerapkan kalender tanam

c.    Cara meningkatkan hasil pertanian

d.    Tanggungjawab penyuluh

e.    Petani bisa menerapkan budidaya yang sesuai iklim

35. Pertanyaan dibawah ini yang merupakan pernyataan untuk prinsi-prinsip penilaian dalam peningkatan kapasitas gapoktan adalah ...

a.    Subjektif, Kompleks, dan Relevan

b.    Efisien, relevan, dan objektif

c.    Praktis, Kompleks, dan Subjektif

d.    Kompleks, Subjektif, dan efektif

e.    Efektif, sederhana, dan subjektif


36. Evaluasi penyelenggaraaan penyuluhan meliputi kecuali ....

a.    Awal (pre-evaluation)

b.    Proses (on-going evaluation)

c.    Akhir (post/terminal evaluation)

d.    Dampak (ex-post evaluation)

e.    Analisis hasil evaluasi kinerja penyuluh pertanian

37. Pesan yang disampaikan oleh penyuluh kepada sasarannya hal-hal yang baru disebut....

a.    Informasi penyuluhan

b.    Pesan penyuluhan

c.    Materi komunikasi

d.    Materi penyuluhan

e.    Inovasi penyuluhan

38. Penyuluh pertanian dalam menyusun evaluasi dan menyusun laporan, memuat unsur- unsur ....

a.    Evaluasi kegiatan penyuluhan tanaman pangan, perkebunan, peternakan, dan hortikultura

b.    Evaluasi pelaksanaan penyuluhan pertanian dan evaluasi dampak pelaksanaan penyuluh pertanian

c.    Evaluasi   pelaksanaan   penyuluhan   pertanian   dan   evaluasi   dampak   kegiatan penyuluh pertanian

d.    Evaluasi kegiatan progran UPSUS dan evaluasi dampak pelaksanaan UPSUS

e.    Evaluasi pelaksanaan penyuluhan pertanian dan evaluasi dampak pelaksanaan UPSUS

39. Evaluasi terhadap instrumen penilaian kelas kemampuan kelompoktani dilakukan melalui aspek sebagai berikut ....

a.    Kemampuan merencanakan, kemampuan mengorganisasikan, kemampuan melaksanakan kegiatan, kemampuan melakukan pelaporan, dan kemampuan mengembangkan kepemimpinan kelompoktani

b.    Kemampuan merencanakan, kemampuan melaksanakan kegiatan, kemampuan melakukan pelaporan, dan kemempuan mengorganisasikan kelompoktani

c.    Kemampuan mengorganisasikan, kemampuan melaksanakan kegiatan, kemampuan melakukan pelaporan, dan kemampuan mengembangkan kepemimpinan kelompoktani

d.    Kemampuan melaksanakan kegiatan, kemampuan melakukan pelaporan, dan kemampuan mengembangkan kepemimpinan kelompoktani, kemampuan merencanakan

e.    Kemampuan merencanakan, kemampuan melakukan pelaporan, dan kemampuan mengembangkan kepemimpinan kelompoktani

40. Kegiatan penyuluh pertanian dalam 1 minggu, digunakan untuk kunjungan ke petani/kelompoktani selama 4 hari, dan 1 hari digunakan untuk peningkatan kapasitas atau mengerjakan/menyelesaikan, kegiatan administrasi, disebut dengan ...

a.    Sistem kerja latihan dan kunjungan (LAKU)

b.    Sistem kerja kunjungan dan latihan

c.    Diklat tematik

d.    Sekolah lapang

e.    Kursus tani

41. Pembelajaran yang biasa diterapkan untuk orang dewasa dengan mengacu pada menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai kemandirian bagi setiap peserta disebut dengan ....

a.    Andragogi

b.    Diskusi

c.    Pedagogi


d.    Instruksional

e.    Pembelajaran jarak jauh

42. Dalam merancang model penyuluhan dengan menggunakan media penyuluhan harus dikemas sedemikian rupa agar ....

a.    Pesan/informasi yang disampaikan jelas

b.    Pesan singkat dan jelas

c.    Informasi cepat diterima

d.    Tidak beragam penafsiran

e.    Pesan/informasi mudah diingat

43. Evaluasi penilaian kelas kemampuan kelompoktani dilakukan dengan kriteria kelas kemampuan kelompoktani sebagai berikut ....

a.    Pemula, lanjut, madya, utama

b.    Pemula, muda, lanjut, madya

c.    Pemula, lanjut, muda, madya

d.    Pemula, muda, madya, utama

e.    Pemula, lanjut, muda, utama

44. Sentra jeruk di Indonesia terserang penyakit sehingga merusak banyak tanaman jeruk. Untuk mencegah adanya serangan penyakit tersebut penyuluh menyiapkan materi berupa bahan cetak dengan materi virus CPVD.

a.    Materi siaran radio

b.    Brosur

c.    Cyber extension

d.    Naskah LPM

e.    Sinopsis film

45. Pendampingan penyuluh pada petani dalam penerapan GAP merupakan salah satu instrumen agar petani ....

a.    Akses terhadap teknologi budidaya tanaman yang baik dan benar

b.    Akses terhadap budidaya ramah lingkungan

c.    Cara meningkatkan hasil pertanian

d.    Tanggungjawab penyuluh

e.    Petani bisa menerapkan budidaya yang sesuai iklim

46. Hasil evaluasi terhadap afektivitas materi penyuluhan, direkomendasikan penyuluh untuk memberikan penyuluhan tentang Dampak Perubahan Iklim (DPI) karena memengaruhi produkdi hasil pertanian. Informasi dampak perubahan iklim dapat diakses melalui Kalender Tanam Terpadu hal ini sangat menguntungkan penyuluh dalam mendampingi petani dalam memperoleh akses ....

a.    Informasi Teknologi adaptif iklim

b.    Modernisasi penyebaran informasi

c.    Digitalisasi informasi

d.    Mendapatkan modal

e.    Memperoleh bantuan

47. Proses adopsi inovasi pelaku utama dan pelaku usaha terhadap teknologi inovasi sebagai berikut ....

a.    Penumbuhan minat, menilai, mencoba, penumbuhan perhatian

b.    Mencoba, Penumbuhan perhatian, minat, menilai, menetapkan

c.    Menilai, penumbuhan perhatian, mencoba, menetapkan

d.    Penumbuhan minat, menilai, mencoba, menerapkan

e.    Melihat, mencoba, menilai, menerapkan

48. Menetapkan topik juga memperhatikan syarat 5 M sebagai berikut

a.    Minat, mampu dilaksanakan, mudah dilaksanakan, mudah dibuat masalah yang lebih luas, manfaat


b.    Minat, mahal biayanya, mudah dilaksanakan, mudah dibuat masalah yang lebih luas, manfaat

c.    Minat, mahal biayanya, mudah dilaksanakan, mudah dibuat masalah yang lebih luas, mampu dilaksanakan

d.    Murah    biaya,   mudah    dilaksanakan,   manfaat   kepentingan   sesaat,   mudah terjangkau lokasi, minat terbatas

e.    Murah biaya, model kajian sulit dilaksanakan, manfaat kepentingan sesaat, mudah terjangkau lokasi, minat terbatas

49. Pengembangan usaha tani diawali dengan memanfaatkan sumberdaya alam pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Selanjutnya sumberdaya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhan ...

a.    Pangan, pakan, energi, dan pupuk

b.    Pangan dan pakan

c.    Pangan, sandang, papan

d.    Sandang dan pangan

e.    Pangan dan papan

50. Evaluasi   untuk   mengukur   perilaku   sasaran   dari   suatu   kegiatan   yang   sudah dilaksanakan menyangkut perubahan ...

a.    Pengetahuan, sikap dan keterampilan

b.    Pengetahuan dan sikap dan kinerja

c.    Pengetahuan, sifat dan keterampilan

d.    Sikap, sifat dan keterampilan

e.    Pengetahuan, sikap dan sifat

51. Untuk mengetahui kelas kemampuan kelompoktani perlu dilakukan penilaian dengan tujuan kecuali ...

a.    Mengetahui keragaan kemampuan kelompoktani

b.    Menyediakan bahan perumusan kebijakan dan strategi pemberdayaan petani

c.    Mengetahui metodologi dan pemetaan kebutuhan penyuluhan masing-masing kelas kelompok

d.    Mengetahui kelas kelompok supaya memudahkan dalam pemberian bantuan

e.    Menyediakan database kelompoktani melalui SIMLUHTAN

52. Minat petani untuk mengikuti kegiatan penyuluhan termasuk dalam perilaku ...

a.    Afektif/ terkait sikap dan nilai

b.    Kognitif

c.    Psikomotor

d.    Motivator

e.    Agresif

53. Kegiatan penyuluhan dengan pendekatan partisipatif pelaksanaannya disesuaikan dengan ...

a.    Kebutuhan petani

b.    Kondisi petani

c.    Kebutuhan dan kondisi petani sasaran

d.    Kebijakan pemerintah

e.    Anggaran Pemerintah Daerah

54. Skala minat dapat dilakukan dengan menggunakan instrument berupa ...

a.    Check list, yaitu dengan cara meminta responden memilih hal/kegiatan yang mereka sukai

b.    Rangking/peringkat jawaban

c.    Urutan minat responden

d.    Peringkat minat

e.    Daftar pertanyaan dengan gradasi positif sampai negatif


55. Indikator perubahan psikomotorik, kecuali ...

a.    Kecepatan

b.    Kecermatan

c.    Pengetahuan

d.    Keharmonisan

e.    Kekuatan

56. Berdasarkan   kemampuan    adopsi   inovasi,   pelaku   utama   dapat   dikelompokkan menjadi...

a.    Penolak, penerap dini, inovator, penerap akhir

b.    Penerap awal, motivator, penerap akhir

c.    Penolak, inovator, motivator

d.    Elaborator, inovator, penerap akhir

e.    Penerap awal, elaborator dan penerap akhir

57. Salah satu aspek sasaran yang tergolong paling kuat ke dalam sosial budaya yaitu ...

a.    Umur

b.    Pendapatan

c.    Jumlah

d.    Status leadership

e.    Pendidikan

58. Tahapan yang ditempuh dalam penulisan karya tulis ilmiah, kecuali ...

a.    Memilih topik dan mengumpulkan bahan

b.    Survey lapangan

c.    Menyusun tinjauan pustaka, menyusun hipotesis, dan rancangan kajian

d.    Analisis dan merumuskan

e.    Mengumpulkan masalah di lapangan

59. Komunikasi dalam penyuluhan bersifat ...

a.    Informatif

b.    Informatif dan persuasive

c.    Informatif dan entertainment

d.    Informatif, persuasive, dan entertainment

e.    Persuasive dan entertainment

60. APIKLUH salah satu aplikasi lewat internet yang dapat digunakan dalam penyuluhan pertanian, termasuk media ....

a.    Cetak

b.    Elektronik

c.    Audio

d.    Digital

e.    Siaran TV

61. Ruang lingkup pengkajian penyuluhan pertanian dapat meliputi, kecuali ....

a.    Metode dan Teknik Penyuluhan pertanian

b.    Kelembagaan Penyuluhan pertanian

c.    Materi Penyuluhan pertanian

d.    Ketenagaan penyuluhan

e.    Sistem Laku SUSI

62. Badan Usaha Milik Petani (BUMP) dibentuk dari, oleh, dan untuk petani melalui,

kecuali ....

a.    Gapoktan

b.    Klompok Wanita petani

c.    Kelompok pemuda tani

d.    Kelompok pemuda millenial

e.    Kelompok petani hutan dan nelayan


63. Menggunakan instrumen evaluasi yang sudah tersedia, harus disesuaikan dengan ...

a.    Topik yang akan dievaluasi

b.    Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai

c.    Metode yang digunakan

d.    Kegunaan evaluasi

e.    Jadwal Kegiatan evaluasi

64. Perembesan adopsi inovasi dari suatu individu yang telah mengadopsi ke individu yang lain dalam sistem sosial masyarakat sasaran yang sama disebut ....

a.    Komunikasi

b.    Adopsi

c.    Adopsi inovasi

d.    Difusi inovasi

e.    Adopsi dan difusi inovasi

65. Indikator penilaian kelas kemampuan kelompoktani dalam menjalankan fungsinya dalam mengorganisasikan kegiatan kecuali ....

a.    Menyusun jadwal kegiatan panen

b.    Struktur organisasi

c.    Aturan dan norma

d.    Tertib administrasi dengan membuat pembukuan dan laporan

e.    Susunan pengurus

66. Indikator   kemampuan    mengorganisasikan   dalam    penilaian   kelas    kemampuan kelompoktani/gapoktan meliputi ....

a.    Pertemuan rutin, pelaksanaan belajar, melaksanakan usaha

b.    Struktur organisasi, aturan dan norma, administrasi pembukuan

c.    Rencana belajar, rencana usaha

d.    Rencana belajar, struktur organisasi, aturan dan norma

e.    Rencana usaha, struktur organisasi, administrasi pembukuan

67. Sebagai unit produksi, gapoktan memiliki unit usaha yang memproduksi komoditas pertanian untuk memenuhi kebutuhan anggota dan pasar sehingga dapat menjamin...

a.    Kuantitas, kualitas, dan kontinuitas

b.    Kualitas dan formalitas

c.    Kontinuitas dan produktivitas

d.    Kualitas, kontinuitas, problibilitas

e.    Produktivitas dan kualitas

68. Materi Penyuluhan pertanian merupakan bahan penyuluhan yang akan disampaikan penyuluh kepada pelaku utama dan pelaku usaha dalam berbagai bentuk yang meliputi kecuali ....

a.    Ekonomi dan manajemen

b.    Teknologi

c.    Rekayasa sosial

d.    Kelestarian lingkungan

e.    Rekayasa genetika

69. Metode penyuluhan pertanian dengan pendekatan kelompok biasanya dipergunakan untuk dapat memberikan ....

a.    Informasi yang lebih rinci tentang suatu teknologi

b.    Penumbuhan minat tentang penerapan bioteknologi

c.    Kesempatan mencoba tentang teknologi jarwo

d.    Kesempatan menerapkan suattu teknologi

e.    Kesempatan mengikuti temu lapang


70. Untuk memfasilitasi pelaku utama mendapatkan kemudahan dalam memperoleh akses sarana dan prasarana, penyuluh pertanian dapat dilakukan dengan cara kecuali....

a.    Meningkatkan kemampuan dalam mengakses informasi

b.    Meningkatkan kemampuan dalam mengelola sarana dan prasarana

c.    Meningkatkan memilih metode penyuluhan

d.    Meningkatkan memperluas jaringan / kemitraan

e.    Meningkatkan jaminan untuk produk sarana prasarana

71. Metode demonstrasi banyak diterapkan dalam kegiatan penyuluhan karena dirasakan manfaatnya ....

a.    Pengajaran lebih jelas dan konkret, lebih mudah dipahami, proses belajar lebih menarik, peserta dapat mencoba sendiri

b.    Peserta cepat beradaptasi

c.    Kegiatan bersinergi dengan pihak lain

d.    Mudah dilihat dan didengar

e.    Peserta dapat berkomunikasi dengan peserta lain

72. Penerapan PHT (Integrated Pest Management) merupakan salah satu upaya agar petani dapat mengakses dan menerapkan teknologi ....

a.    Ramah lingkungan dan berkelanjutan

b.    Pengendalian hama tersertifikat

c.    Pengendalian hama tikus

d.    Pengelolaan hama terbaik

e.    Pengumpulan hama terpadu

73. Mekanisasi pertanian merupakan salah satu solusi untuk peningkatan produksi dan efisiensi. Dengan mekanisasi pertanian juga sebagai penerapan ...

a.    Usaha keluarga

b.    Pengolahan hasil pertanian

c.    Pertanian modern

d.    Pertanian terpadu

e.    Kemitraan usaha

74. Kesepahaman adalah salah satu prinsip penumbuhan gapoktan yang artinya ....

a.    Mengorganisasikan kegiatan produksi usaha tani anggota ke dalam unit-unit usaha pengolahan dan pemasaran

b.    Gapoktan dapat mengembangkan unit usaha sesuai kebutuhan anggota

c.    Gapoktan dapat mengembangkan unit usaha sesuai kebutuhan anggota yang mempunyai peluang pasar / ekspor

d.    Gapoktan dapat mengembangkan unit usaha sesuai keinginan poktan

e.    Gapoktan dapat mengembangkan unit usaha yang bersifat sukarela

75. Tujuan diterbitkannya Permentan No. 03 tahun 2018 tentang penyelenggaraan penyuluhan untuk ...

a.    Meningkatkan kualitas pendidikan penyuluhan pertanian

b.    Meningkatkan sumber, penerima pesan dan pesan yang disampaikan penyuluh pertanian

c.    Meningkatkan peran dan partisipasi aktif petani, kelembagaan petani, dan KEP

d.    Meningkatkan    peran     penyuluh     dalam    menyampaikan     pesan     program pembangunan pertanian

e.    Meningkatkan partisipasi penyuluh swadaya dalam pendampingan penyuluhan

76. Salah satu program kementrian pertanian untuk menggerakkan agribisnis di pedesaan melalui bantuan modal usaha ke gapoktan melalui program ...

a.    Program untuk pemuda millenial

b.    Pengembangan usaha agribisnis pedesaan (PUAP)

c.    Praktek dan usaha agribisnis

d.    Pusat usaha agribisnis di pedesaan

e.    Lembaga ekonomi masyarakat perkebunan


77. Kemampuan Burhanudin pemuda tani dalam menggunakan traktor roda empat termasuk kemampuan ....

a.    Psikomotor

b.    Psikologis

c.    Magis

 

78. Dalam agribisnis, penerapan SCM (Supply Chain Management) yang diartikan sebagai

.......... merupakan upaya pendampingan penyuluh terkait dengan informasi pasar agar menguntungkan petani

a.    Produksi oleh suatu kelompok tani

b.    Produksi oleh satu gapoktan

c.    Produk dengan tetap menjaga kesegaran

d.    Penerapan Pengelolaan rantai Pasok

e.    Produk dapat ditelusuri asal-usulnya (tracebility)

79. Dua pesyaratan penyuluh pertanian dalam memilih metode penyuluhan pertanian, harus mempertimbangkan sumberdayanya yaitu ....

a.    Tingkat pendidikan peserta dan sarana penyuluhan

b.    Jumlah peserta dan anggaran yang diperlukan

c.    Lokasi dan suasana kegiatan penyuluhan

d.    Kemampuan penyuluh pertanian, sasaran penyuluhan, materi penyuluhan, sarana penyuluhan dan biaya

e.    Keterampilan penyuluh dan peserta

80. Biaya yang dikeluarkan dalam usaha tani tetapi tidak habis dipakai untuk satu kali siklus produksi dan diperhitungkan biaya penyusutannya disebut ....

a.    Biaya usaha

b.    Biaya tetap

c.    Biaya tidak tetap

d.    Biaya total

e.    Biaya pengeluaran

81. Manfaat melakukan evaluasi penyuluhan kecuali ...

a.    Untuk mengetahui sudah sejauhmana tujuan program penyuluhan dapat dicapai

b.    Untuk mencari bukti apakah perubahan yang terjadi sesuai tujuan dan sasaran yang diinginkan

c.    Untuk mengetahui kendala yang dihadapi terkait dengan pencapaian tujuan penyuluhan

d.    Untuk mengetahui validitas rekomendasi hasil evaluasi

e.    Untuk mengukur keefektifan dan efisiensi metode atau sistem kerja penyuluhan yang dilaksanakan

82. Pencatatan (recording) terhadap aktifitas panen dan pascapanen, hal ini diperlukan untuk memudahkan ....

a.    Proses penelusuran balik (tracebility)

b.    Kegiatan promosi

c.    Memudahkan periklanan

d.    Pelayanan public relation (PR)

e.    Championship

83. Kegiatan evaluasi penyuluh pertanian dengan jenjang jabatan penyuluh pertanian pertama, kecuali ....

a.    Menyusun rencana kegiatan evaluasi pelaksanaan penyuluhan pertanian

b.    Menganalisis dan merumuskan hasil evaluasi pelaksanaan penyuluh pertanian

c.    Menyusun rencana kegiatan evaluasi dampak pelaksanaan penyuluhan pertanian

d.    Mengumpulkan dan mengolah data evaluasi dampak pelaksanaan penyuluh pertanian

e.    Mengembangkan korporasi petani


84. Jenis permasalahan ekspor produk pertanian yang harus diidentifikasi dan dirumuskan terdiri atas permasalahan ....

a.    Jumlah harga, mutu, waktu, dan kontinyuitas yang diminta oleh importer dengan jumlah harga, mutu, waktu, dan kontinyuitas yang dapat dipenuhi oleh eksportir

b.    Sarana dan prasarana untuk kegiatan ekspor

c.    Kebijakan pemerintah baik yang berupa hambatan tarif (tarifif barrier)

d.    Kebijakan pemerintah yang berupa hambatan non tariff (non tarifif barrier)

e.    Jumlah pasokan dan kontinyuitas

85. Indikator   untuk   mengukur   kemajuan    yang   dicapai   petani   dalam   melakukan pemupukan padi sawah sesuai dengan rekomendasi ....

a.    Kecepatan dan ketepatan penggunaan pupuk

b.    Kecepatan dan mengenal jenis pupuk

c.    Ketepatan dan pengetahuan tentang pupuk

d.    Pengertian dan mengenal jenis pupuk

e.    Ketrampilan memupuk

86. Berperan aktif menumbuhkembangkan kelembagaan pelaku utama bersama Penyuluh Pertanian PNS merupakan salah satu dari ...

a.    Tugas Penyuluh Pertanian Swadaya

b.    Wewenang Penyuluh Pertanian Swadaya

c.    Fungsi Penyuluh Pertanian Swadaya

d.    Keluaran Penyuluh Pertanian Swadaya

e.    Target Penyuluh Pertanian Swadaya

87. Memfasilitasi penerapan teknologi usaha tani oleh anggota sesuai dengan rencana kegiatan merupakan upaya peningkatan poktan sebagai ...

a.    Wahana Kerjasama

b.    Kelas Belajar

c.    Unit Produksi

d.    Wahana Interaksi

e.    Wahana Berkumpul

88. Pertanian adalah kegiatan mengelola sumberdaya alam hayati dengan bantuan teknologi, modal, tenaga kerja, dan manajemen untuk menghasilkan komoditas pertanian, mencakup subsektor ....

a.    Tanaman Pangan

b.    Hortikultura

c.    Perkkebunan

d.    Tanaman Pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan

e.    Peternakan

89. Pada matrik programa penyuluhan pertanian, kolom yang berisis mengenai jenis informasi teknologi bagi pelaku utama dan pelaku usaha, yaitu ...

a.    Kolom masalah

b.    Kolom tujuan

c.    Kolom materi

d.    Kolom keadaan

e.    Kolom Sasaran

90. Penumbuhan   dan   Pengembangan   poktan   dan   gapoktan   menjadi   kelembagaan ekonomi petani diatur dengan ....

a.    UU No 16 tahun 2006

b.    UU No 13 tahun 2003

c.    UU No 19 tahun 2013

d.    Peraturan Mentan no 33 tahun 2017

e.    Peraturan Mentan no.... tahun


91. Dalam matrik programa penyuluhan pertanian, klom yang berisi mengenai upaya yang akan ditempuh untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumberdaya pembangunan pertanian khususnya yang berkaitan dengan perubahan perilaku pelaku utama dan pelaku uasaha, pada ....

a.    Kolom keadaan

b.    Kolom masalah

c.    Kolom tujuan

d.    Kolom materi

e.    Kolom sasaran

92. Yang bukan termasuk langkah-langkah pendampingan penyuluh pertanian dalam pengembangan gapoktan adalah ....

a.    Memperluas fungsi unit-unit usaha gapoktan

b.    Pemberdayaan usaha tani gapoktan

c.    Fasilitasi Pembentukan jejaring kerjasama

d.    Meningkatkan kemampuan gapoktan menjadi KEP

e.    Peningkatan jumlah anggota gapoktan

93. Transformasi kelembagaan petani menjadi kelembagaan ekonomi petani dilakukan melalui ....

a.    Manajemen organisasi

b.    Manajemen usaha tani

c.    Manajemen organisasi dan usaha tani

d.    Manajemen agribisnis

e.    Manajemen organisasi dan agribisnis

94. Pendampingan dan pengawalan secara berkelanjutan oleh penyuluh terhadap KUB merupakan strategi ....

a.    Rintisan penumbuhan KUB petani muda

b.    Penumbuhan KUB petani muda

c.    Pengembangan KUB Petani muda

d.    Pemantapan KUB Petani muda

e.    Pelembagaan KUB petani muda

 

SELAMAT BELAJAR SEMOGA SUKSES

Saya Penyuluh Saya Hebat Luar Biasa

Tidak ada komentar: