Jumat, 29 Oktober 2021

INDIKATOR PENILAIAN KELAS KELOMPOK TANI

 

LIMA INDIKATOR PENILAIAN KELAS KELOMPOK TANI




PENGERTIAN KELAS KELOMPOKTANI
Adalah fase pertumbuhan kemampuan di kelompok tani yang disebut kelas kemampuan kelompok, peningkatan fase pertumbuhan kemampuan tersebut diukur dengan scor nilai yang ada pada lima jurus kemampuan kelompok tani. Sehingga terdapat empat kelas kemampuan kelompok dengan kriteria sebagai berikut: Kelas pemula apabila mempunyai scor penilaian 1 sampai 250 poin, Kelas lanjut apabila mempunyai scor penilaian 251 sampai 500 poin, Kelas madya apabila mempunyai scor penilaian 501 sampai 750 poin, dan Kelas utama apabila mempunyai scor penilaian 751 sampai 1.000 poin.

KELAS-KELAS KELOMPOKTANI
Kelompok tani dapat dikelompokkan berdasarkan jenjang kelas kemampuan kelompok yang terdiri dari :
1.     Kelas pemula,
2.     Kelas lanjut,
3.     Kelas madya dan
4.     Kelas utama.

                                      INDIKATOR PENILAIAN KELAS KELOMPOKTANI
Lima indikator yang digunakan selama ini sebagai berikut:
 1). Kemampuan kelompok dalam merencanakan kegiatan untuk meningkatkan produktivitas usaha tani dengan menerapkan teknologi yang tepat dan memanfaatkan sumber daya secara optimal. Scor maksimal 100;
 2). Kemampuan melaksanakan dan mentaati perjanjian dengan pihak lain. Scor maksimal 200; 
3). Kemampuan pemupukan modal dan pemanfaatan modal secara rasional. Scor maksimal 150; 
4). Kemampuan meningkatkan hubungan kelembagaan antara kelompok dengan koperasi/KUD. Scor maksimal 200; 
5). Kelompok menerapkan teknologi, pemanfaatan informasi, serta kerja sama kelompok dicerminkan oleh tingkat produksi dari usaha tani para anggota kelompok. Scor maksimal 250.
Alasan Perubahan Indikator


KUISIONER KEMAMPUAN KELOMPOKTANI
No
Pertanyaan
Alternatif jawaban
skor

I. Kemampuan merencanakan Kegiatan

   (300)


1.




1.     Menurut sepengetahuan bapak/ibu,  bagaimana kegiatan kelompoktani dalam merencanakan RDK dan RDKK?

2.     Jika soal no. 1 ya, adakah pembuatan melibatkan personil anggota?




3.     Jika rencana tersebut dibuat, adakah anggota merasa ada keterikatan?



4. Menurut bapak/ibu, bagaimana penguasaan pengurus terhadap materi rencana yang dibuat?


5.     Bagaimana pembagian tugas dalam merencanakan kegiatan menurut bapak/ibu?




6.     adakah tanggapan masyarakat sekitar dalam memajukan kelompoktani?





7.     dalam perencanaan alat-alat pertanian, menurut bapak/ibu bagaimana?



8.     dalam merencanakan kebutuhan benih/bibit adakah kelompoktani memebuhi?


9.     dalam perencanaan pemupukkan berimbang, menurut bapak/ibu adakah kelompoktani memenuhi?


10.  dalam merencanakan pemanfaatan pestisida, menurut bapak/ibu adakah kelompok tani dapat memenuhi?


11.  dalam perencanaan tanam serentak adakah kelompoktani memenuhi tanaman pokok?


12.  menurut bapak/ibu adakah kelompoktani merencanakan pengendalian hama penyakit, terutama yang diusulkan oleh sebagian besar anggota?


13.  adakah perencanaan bersama dalam pemanenan hasil anggota kelompoktani terhadap komoditas yang diusahakan?


14. menurut bapak/ibu, adakah kelompoktani dapat merencanakan secara bersama keadan komoditas yang diusahakan?

a.     selalu ada dan layak
b.    kadang-kadang layak
c.     tidak pernah buat
d.    tidak tahu

a.     semua anggota
b.    pengurus dan anggota
c.     pengurus saja
d.    tidak terikat

a.     sangat terikat
b.    terikat
c.     cukup terikat
d.    tidak terikat

a.     sangat menguasai
b.    menguasai
c.     cukup menguasai
d.    tidak menguasai

a.     ada pembagian tugas
b.    pembagian tugas tidak teratur
c. tidak ada pembagian tugas
d.    tidak tahu

a. semua anggota sendiri sanggup
b.    sebagian besar sanggup sendiri
c.     buru-buru separuh
d.    tidak dapat

a.     ada, jumlah memadai
b.     ada, jumlah cukup
c.     tidak ada
d.     tidak tahu

a.     ada, memenuhi
b.    ada, jumlah cukup
c.     ada, sedikit saja
d.    tidak ada

a.     ada, memenuhi
b.    ada, jumlah cukup
c.     ada, sedikit saja
d.    tidak ada

a.     ada, memenuhi
b.    ada, jumlah cukup
c.     ada, sedikit saja
d.    tidak ada

a.     semua sama
b.    sebagian besar
c.     sebagian kecil
d.    tidak ada

a.     semua
b.    separuh saja
c.     sedikit
d.    tidak ada


a.     semua sama
b.    sebagian besar
c.     sebagian kecil
d.    tidak ada

a.     semua merasakan
b.    komoditas tertentu
c.     sedikit komoditas
d.    tidak ada
50
30
10
0

50
30
10
0

20
15
10
0

30
20
10
0

40
30

20

0

20

15

10
0

10
7,5
5
0

20
15
10
0

10
7,5
5
0

10
7,5
5
0

10
7,5
5
0

10
7,5
5
0


10
7,5
5
0

10
7,5
5
0

2.
II. Kemampuan melaksanakan dan mentaati perjanjian dengan pihak lain (150)






1.      Menurut bapak/ibu, bagaimana ketaatan anggota dalam mematuhi jadwal?



2.    Adakah bapak/ibu hadir pada acara yang dilaksanakan kelompoktani?



3.     Jika bapak/ibu mengajukan pinjaman kredit di bri (kut) dan seterusnya bagaimana penyalurannya?


4.       Adakah bapak /ibu membayar iuran kelompok secara tepat?



5.     Adakah bapak/ibu membelanjakan kredit secara tepat?

a.     sangat mematuhi
b.    sebagian besar
c.     separuh saja
d.    sedikit saja

a.     selalu hadir
b.    hadir ¾ saja
c.     jarang hadir
d.    tidak hadir

a.     selalu tepat waktu
b.    agak lambat, ada
c.     lambat
d.    tunggakan penuh

a.     membayar tepat waktu
b.    kadang tidak ada
c.     sedikit saja
d.    tidak pernah membayar

a.     100% sesuai peruntukan
b.     75% sesuai peruntukan
c.     50% sesuai peruntukan
d.     25% sesuai peruntukan

25
15
10
0

30
20
10
0

30
20
10
0


60
40
20
0

10
7,5
5
0


3
III. Kemampuan kelompoktani dalam memupuk modal dan memanfaatkan pendapatan (150)








1.     Adakah bapak/ibu menyisihkan hasil usahatani untuk modal kelompok?




2.     Menurut bapak/ibu bagaimana kekayaan kelompok yang mencakup bangunan, alat pertanian dan sebagainya?



3.     Bagaimana pemanfaatan bangunan/aset dan alat bagi anggota?



4.  Bagaimana pengadaan fasilitas kelompok yang dimiliki?

a.   selalu mengusulkan secara teratur
b.     kadang-kadang
c.     sedikti saja
d.     tidak pernah

a.     cukup besar, lengkap
b.    ada, cukup
c.     sedikit tidak lengkap
d.    tidak pernah, sedikti sekali

a.     semua anggota
b.    sebagian besar anggota
c.     sebagian anggota saja
d.    sebagian kecil anggota

a.     swadaya anggota
b.    swadaya dan lain-lain
c.     bantuan pihak lain
d.    tidak ada

30

20
10
0

60
40
20
0


20
15
10
0

40
30
20
0
4. 
IV. Kemampuan pengembangan  hubungan melembaga dengan KUD (200)





1.      Bagaimana keaktifan bapak/ibu dalam KUD selaku anggota?



2.      Adakah bapak /ibu aktif dalam pengurus KUD juga aktif di kelompoktani?





3.    Bagaimana bapak/ibu membeli keperluan saprotan dan lain-lainnya yang bersangkutan dengan keberadaan KUD?

4.     Bagaimana keterlibatan bapak/ibu dalam perencanaan KUD?



5.      Adakah pemasaran hasil pertanian yang bapak/ibu lakukan melalui KUD?



6.     Bagaimana tanggapan bapak selaku anggota KUD dalam memenuhi kewajiban?
a.     anggota tetap aktif
b.    anggota kurang aktif
c.     anggota tidak aktif
d.    bukan anggota

a.     aktif pengurus kelompok dan KUD
b.     anggota kelompok
c.     anggota kelompok, anggota KUD
d.     anggota kelompok saja

a.     semua keperluan
b.    hanya keperluan tertentu
c.     kadang-kadang
d.    tidak sama sekali

a.     terlibat secara penuh
b.    kadang-kadnag
c.     sedikit sekali
d.    tidak pernah

a.     sepenuhnya buat KUD
b.    sebagian saja 75%
c.     sedikit saja
d.    tidak pernah

a.     selalu mentaati
b.    kadang-kadang
c.     sedikit mentaati
d.    tidak tersedia
60
40
20
0

10

7,5
5

0

30
20
10
0

60
40
20
0

20
15
10
0

20
15
10
0

5.
V. Kemampuan menerapkan teknologi pertanian dan pemanfaatan informasi melalui kelompok(200)








1.     menurut bapak bagaimana pengaruh informasi petani dalam kelompok?



2.     dalam mencari sumber informasi adakah pengurus kelompoktani giat mencari?



3.      dalam memperoleh informasi adakah bapak memperolehnya dari kelompoktani?


4.      menurut bapak darimana asal informasi diterima kelompoktani?





5. bagaimana bapak menggunakan bibit/benih unggul sesuai anjuran?



6.   adakah bapak menggunakan azas pemupukkan berimbang dalam budidaya utama tanaman nenas?



7. pengolahan tanah pada budidaya tanaman utama apakah sesuai anjuran?


8.      dalam usaha mengatasi serangan hama dan penyakit bagaimana bapak menanganinya khususnya tanaman nenas?

9.      adakah dalam perencanaan penanaman tanaman nenas bapak melakukan sesuai anjuran?


10. menurut bapak adakah kerjasama saprodi kelompoktani memenuhi?

a.     segera, sangat aktif
b.    aktif
c.     cukup aktif
d.    tidak aktif

a.     sangat aktif
b.    aktif
c.     cukup aktif
d.    tidak aktif

a. sepenunhya kelompoktani
b.    sebagian besar
c.     sedikit saja
d.    tidak pernah

a.   semua media elektronik dan cetak
b. dari media cetak/ elektronik saja
c.     petugas datang
d.    kebetulan saja

a.     sudah sepenuhnya
b.    baru 50% saja
c.     baru sedikit 25% saja
d.    belum menggunakan

a.    sepenuhnya menggunakan kekayaan
b.     kadang-kadang 50% saja
c.     sedikit 25% saja
d.     belum melakukan

a.   sepenuhnya sesuai anjuran
b.      baru sebagian saja
c.      sedikit saja
d.      belum melakukan

a.     sesuai anjuran
b.    mengandalkan pestisida
c.     pemberantasan salah
d.    memperbaiki

a.     sepenuhnya melakukan
b.     kadang-kadang
c.     sedikit saja
d.     tidak pernah

a.     sepenuhnya 100%
b.    baru 75% saja
c.     baru 50% saja
d.    baru 25% saja

20
15
10
0

20
15
10
0

20
15
10
0

20

15

10
0

20
15
10
0

20

15
10
0

20
15
10
0

20
15
10
0

20
15
10
0

20
15
10
0



Sumber :

D.R

 

Tidak ada komentar: